Longsor Hantam Pengeboran PGE, 1 Tewas

April 28, 2016
Peristiwa 0   146 views 0

PROGRES.ID, LEBONG – Banjir dan longsor dari arah Bukit Belerang Hulu Laos pada Kamis (28/4/2016) menghantam lokasi pengeboran panas bumi (geothermal) PT Pertamina Geothermal Energy (PGE). Akibat peristiwa itu, menyebabkan seorang tewas dan beberapa orang lainnya luka-luka.

Pekerja yang teridentifikasi meninggal dunia adalah Jon Moris. Empat orang pekerja dan warga yang mengalami luka-luka telah dievakuasi dan dibawa ke RSUD Lebong dan Puskesmas terdekat. Sementara 3 pekerja dan 1 anak kecil belum ditemukan.

Humas PT PGE, Lukman menjelaskan, kronologis banjir bandang dari Danau Bukit Belerang terjadi sekitar pukul 4.30 WIB. Lokasi danau tersebut sekitar 2,8 km dari cluster A dan 3 km dari lokasi kantor PT PGE Lebong.

“Air yang meluncur beserta material longsor sangat cepat. Perkiraan kami pekerja tak mampu menyelamatkan diri lagi,” ungkap Lukman.

Dijelaskan, Danau Bukit Belerang diduga tidak mampu lagi menampung air sehingga airnya meluap masuk ke hulu sungai Air Kotok. Akibatnya, air yang meluap itu kemudian masuk ke cluster A lokasi pengeboran panas bumi.

Lukman menjelaskan, rombongan PT PGE baru mulai melakukan evakuasi sekitar pukul 06:00 WIB dengan mengerahkan 3 unit alat berat.

“Jam 6.00 pagi kami mulai lakukan evakuasi. Kemudian, pada jam 9.00 kita tambah dua alat berat lagi. Kami upayakan segera agar seluruh korban dalam kejadian ini bisa ditemukan,” terangnya. (koe)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.