PROGRES.ID, BENGKULU SELATAN – Pjs Dirut PDAM Tirta Manna, Benni menyambut antusias  pembangunan bendungan yang digagas Pemkab Bengkulu Selatan dan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera VII.

Baca: Atasi Krisis, Pemkab BS Segera Bangun Bendungan

Jika nantinya pembangunan bendungan itu sudah tuntas, PDAM bisa mengambil pasokan air dari bendungan itu yang kemudian didistribusikan ke tempat pengolahan sebelum disalurkan ke mesin induk. Mesin induk itu, lanjut Benni rencananya akan diletakan di Kawasan Pintu Langit Kecamatan Kota Manna.

“Jika bendungan ini sudah jadi, kami akan membuat pipa untuk penyaluran. Setelah itu, airnya akan dinaikkan ke Pintu Langit. Daerah itu dipilih, karena letaknya tinggi. Sehingga memudahkan untuk distribusi air ke seluruh wilayah Bengkulu Selatan,” papar Benni.

Sementara dari pihak BWS Sumatera VII, Bayu mengaku, pembangunan bendungan akan dilakukan dalam tahun ini, jika semua rekomendasi izin sudah diselesaikan Pemerintah daerah Bengkulu Selatan.

“Lahan di sini sudah masuk kawasan hutan lindung. Jadi kami minta izin rekomendasi dulu dari Pemda, setelah itu baru pengerjaan akan dimulai. Kalau semua sudah selesai, dalam tahun ini bisa dimulai. namun pembangunan ini  kami targetkan paling lambat 2018, ya mudah-mudahan saja tahun ini segera terealisasi” ujarnya.(sar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.