FIM Beri Homologasi Grade A untuk Sirkuit Mandalika

Mandalika international circuit
Pembalap dan kru tim KTM Red Bull MotoGP berjalan menyusuri trek di Sirkuit Mandalika, Lombok, 17 Maret 2022. (Foto: Beritasatu)

PROGRES.ID – Federation Internationale de Motocyclisme (FIM), Dorna Sports dan IRTA memberikan peringkat tertinggi atau homologasi Grade A kepada Sirkuit Pertamina Mandalika. Pemberian homogolasi ini setelah dilakukan track inspection pada hari Kamis (17/3/2022).

“Grade A merupakan grade tertinggi yang dimiliki FIM dan juga berarti, sirkuit kami sangat layak untuk menggelar event MotoGP,” ungkap Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoer dilansir dari Antara, Sabtu (19/3/2022).

Sebelumnya, Sirkuit Mandalika telah diperbaiki karena sejumlah pembalap mengeluhkan kondisi lintasan yang kotor, berdebu, bahkan aspal yang mengelupas pada sesi tes pramusim tanggal 11 hingga 13 Februari 2022.

Usai banyaknya keluhan itu, Dorna Sport dan FIM meminta pengaspalan ulang pada lintasan Sirkuit Mandalika. Berdasarkan idenfikasi Dorna Sport dan FIM, ada dua area yang harus diaspal ulang, yakni pada lintasan sebelum tikungan 17 hingga setelah tikungan 5 atau sekitar 17,5 persen dari total lintasan.

Menurut Pengamat Perkerasan Jalan dan Aspal yang juga pernah menjabat sebagai Direktur Bina Teknik Bina Marga Kementerian PUPR Purnomo, masalah tersebut kemungkinan disebabkan oleh kualitas batu pada campuran agregat yang pipih dan kotor. Akibatnya, tidak bisa terikat dengan baik.

Tak hanya keberhasilan lolos homogolasi Grade A, sejumlah fasilitas di sirkuit kebanggaan Indonesia ini terus ditingkatkan oleh ITDC bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

Untuk diketahui, Sirkuit Mandalika sebelumnya mendapat homologasi Grade B pada ajang World Superbike (WSBK) pada November 2021. Dari sejumlah kekurangan-kekurangan yang didapati pada ajang WSBK dan tes pramusim MotoGP, langsung ditindaklanjuti hingga semakin baik. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.