Hanya dengan 2 Cara Tersisa Ini, Indonesia U23 Bisa Raih Tiket Olimpiade Prancis 2024

selebrasi timnas indonesia u-23
Foto: PSSI.org

PROGRES.ID –┬áKekalahan Timnas Indonesia U-23 dari Uzbekistan di Piala Asia U-23 2024 belum mengakhiri harapan Garuda Muda untuk melaju ke Olimpiade 2024 Paris.

Meskipun demikian, masih ada dua opsi bagi Indonesia untuk meraih tiket ke Olimpiade tersebut.

Bacaan Lainnya

Pada pertandingan semifinal Piala Asia U-23 2024, Indonesia kalah dengan skor 0-2 dari Uzbekistan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, pada Senin (29/4/2024).

Gol bunuh diri Pratama Arhan dan gol Khusayin Norchaev membuat Indonesia harus menyerah di hadapan Uzbekistan yang berhasil melaju ke final Piala Asia U-23 untuk kedua kalinya secara berturut-turut.

Meskipun kalah di semifinal, peluang Timnas Indonesia U-23 untuk lolos ke Olimpiade 2024 Paris masih terbuka lebar. Tim besutan Shin Tae Yong memiliki dua cara untuk mencapai tujuan tersebut:

1. Harus Menangi Pertandingan Perebutan Peringkat Tiga Piala Asia U-23 2024

Setelah kekalahan dari Uzbekistan, Timnas Indonesia U-23 akan bertarung melawan Irak dalam pertandingan perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024.

Pertandingan tersebut akan menentukan satu tiket langsung untuk lolos ke Olimpiade 2024.

AFC memiliki tiga slot otomatis untuk perwakilan sepak bola Asia di Olimpiade 2024. Sementara Jepang dan Uzbekistan telah memastikan tempat mereka, tiket terakhir akan diperebutkan antara Indonesia dan Irak.

Duel antara Indonesia dan Irak akan digelar kembali di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, pada Kamis (2/5/2024).

2. Harus Menang pada Playoff Antarkonfederasi

Jika Timnas Indonesia U-23 kalah lagi dalam pertandingan perebutan peringkat ketiga melawan Irak, mereka masih memiliki satu kesempatan terakhir untuk mengamankan tiket ke Olimpiade Paris. Cara ini adalah melalui jalur playoff antarkonfederasi.

Tim yang menempati peringkat empat pada Piala Asia U-23 2024 akan bertemu dengan tim peringkat empat pada Piala Afrika Nations Cup U-23 2023, yaitu Guinea, untuk merebut satu tiket terakhir ke Olimpiade 2024.

Pertandingan playoff antara perwakilan Asia dan Afrika direncanakan akan berlangsung di INF Clairefontaine, Prancis, pada 9 Mei mendatang. Pemenang playoff tersebut akan menjadi satu-satunya tim yang berhak tampil di Olimpiade 2024, yang akan diselenggarakan pada 26 Juli hingga 11 Agustus.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.