900 Pilot Menganggur, Menteri Perhubungan Batasi Tenaga Pilot Asing

Desember 5, 2016
Nasional Pemerintahan 0   179 views 0

PROGRES.ID, JAKARTA- Saat ini, ada sekitar 900 pilot yang belum mendapatkan pekerjaan. Hal ini dikatakan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai Kampanye Keselamatan Penerbangan di Jakarta, Minggu (4/12/16).

Tentunya, kenyataan tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan penerbangan dalam negeri. Padahal, pekerjaan sebagai pilot merupakan profesi yang diidam-idamkan banyak anak-anak.

“Kita punya dua tantangan, satu itu kompetisi, bukan lagi antardaerah tapi global. Kedua, dalam dunia pendidikan kita menghadapi satu masalah besar di mana 900 pilot kita tidak mendapatkan lapangan pekerjaan,” katanya, dikutip dari Antara Minggu (4/12/16).

Selanjutnya, Budi mengatakan pemerintah juga akan membatasi penerimaan tenaga pilot asing untuk memberikan kesempatan kerja lebih besar kepada pilot dari dalam negeri.

“Di sisi lain kita membatasi pilot asing yang beroperasi di Indonesia karena saya pikir, di satu sisi terbuka tapi kalau nyatanya kesempatan pilot kita berkurang, kurang bermanunggal,” katanya.

Menurut Budi, solusi untuk mengatasi masalah itu adalah meningkatkan kualitas pilot lewat program-program pelatihan untuk menambah keterampilan mereka karena sebagian pilot tidak diserap perusahaan penerbangan karena dinilai belum mumpuni. Untuk itu, Budi melanjutkan penambahan kompetensi serta keterampilan sangatlah dibutuhkan.

Lulusan pendidikan pilot juga harus mengikuti proses, harus mau menerbangkan pesawat kecil sekelas Cessna Caravan atau ATR terlebih dulu, tidak bisa langsung menerbangkan pesawat berbadan lebar. (dsy)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.