Dishut Seluma Rancang Penanaman Mangrove di 2 Pantai Ini

April 3, 2016
Pemerintahan 0   149 views 0

PROGRES.id, SELUMA – Dinas Kehutanan Kabupaten Seluma merencanakan penanaman mangrove (bakau) di dua lokasi wisata pantai di kabupaten ini. Dua lokasi pantai itu yakni Pantai Seluma di desa Pasar Seluma, Kecamatan Seluma Selatan, dan Pantai Ancol desa Maras Kecamatan Semidang Alas Maras.

“Rencana kita akan ada dua lokasi pantai yang akan kita tanami mangrove, yaitu pantai di Pasar Seluma dan Pantai Ancol Desa Maras,”  ungkap Kepala Seksi Produksi dan Pengujian Hasil Hutan, Dinas Kehutanan Seluma, Iksan Sahudi, Jumat (1/4/2016).

Menurut Iksan, penanaman mangrove itu bertujuan mencegah terjadinya abrasi yang mengancam dua pantai tersebut.

“Rencananya bupati akan memulai penanaman secara simbolis Jumat ini, tapi karena beliau berhalangan, akhirnya kami jadwalkan ulang, harinya masih dirancang,”  imbuh Iksan.

Dijelaskannya, mangrove merupakan jenis tanaman dengan sistem perakaran yang kompleks, rapat, dan lebat, sehingga dapat menjadi perangkap bagi sisa-sisa bahan organik dan endapan yang terbawa air laut dari bagian daratan.

“Proses itu membuat air laut terjaga kebersihannya dan dengan begitu kehidupan terumbu karang juga terjaga. Mangrove juga dapat membentuk daratan karena endapan dan tanah yang ditahannya menumbuhkan perkembangan garis
pantai dari waktu ke waktu,” jelasnya.

Pertumbuhan mangrove, lanjutnya, juga dapat memperluas batas pantai dan memberikan kesempatan bagi tumbuhan terestrial hidup dan berkembang di wilayah daratan.

“Akar pohon mangrove dapat menjaga pinggiran pantai dari bahaya erosi dan diharapkan bisa ikut mengatasi buruknya ekosistem di wilayah pantai. Oleh karena itulah penanaman mangrove ini menjadi penting,” pungkasnya.(rid)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.