Home / Pemerintahan

Senin, 19 Desember 2016 - 17:48 WIB

Kembalikan Ideologi Bangsa, Jokowi Buat Unit Pemantapan Pancasila

Ilustrasi Pancasila/ Foto: Kompasiana

Ilustrasi Pancasila/ Foto: Kompasiana

PROGRES.ID, JAKARTA- Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana kepresidenanya mengatakan akan membuat sebuah lembaga atau unit terkait pemantapan Pancasila termasuk bela negara di dalamnya yang terkoordinasi langsung di bawah presiden.

Dalam rapat terbatas yang dipimpinya dan dihadiri oleh Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Panjaitan dan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan HAM, Wiranto, Jokowi menjelaskan bahwa saat ini banyak negara di dunia termasuk negara-negara maju sedang gelisah karena toleransi yang mulai terkoyak, solidaritas sosial mulai terbelah, ketertiban sosial yang terganggu, dan semakin goyah dalam mengelola keberagaman dan perbedaan.

Baca Juga |  BI Rampungkan RUU Redenominasi Rupiah, Pembahasan Ditarget 2017

Apalagi sekarang, aksi terorisme, aksi ekstirmisme, dan radikalisme yang sedang melanda berbagai negara di dunia dinilai sangat meresahkan. menurutnya, mencari referensi dan nilai-nilai dalam menghadapi tatanan dan tantangan menjadi hal yang penting.

“Saya ingin mengingatkan Pancasila bahwa sebagai dasar negara, Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa tidak cukup hanya dibaca, diketahui, dihapalkan, ataupun dijadikan simbol pemersatu bangsa,” kata presiden dikutip dari Antara Senin, (19/12/16).

Jokowi melanjutkan, keberadaan Pancasila harusnya tidak menjadi slogan saja, Pancasila harus diamalkan, harus dikonkritkan, serta harus diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta di dalam kehidupan sehari-hari.
Pancasila juga harus menjadi ideologi yang bekerja dan terlembagakan dalam sistem serta dalam kebijakan baik di bidang ekonomi, politik, sosial, maupun budaya.

Baca Juga |  Resmikan Monumen Fatmawati, Presiden Jokowi: Beliau Ibu Seluruh Rakyat Indonesia

“Saya yakin hanya dengan itu kita akan punya pondasi yang kokoh dalam menghadapi setiap permasalahan yang ada serta bisa dengan percaya diri menyongsong masa depan kita,” katanya. (dsy)

Share :

Baca Juga

ponsel pintar

Pemerintahan

Pasar Ponsel Pintar Catat 2018 Sebagai Tahun Terburuk
Logo baru bawaslu

Berita Utama

Seleksi Bawaslu Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu, Ini 5 Anggota Timselnya

Pemerintahan

Perpanjangan SIUP dan TDP Dihapus, Pengusaha Sambut Gembira
Garuda Indonesia

Nasional

900 Pilot Menganggur, Menteri Perhubungan Batasi Tenaga Pilot Asing

Pemerintahan

Calon Kades Wajib Bebas Narkoba

Pemerintahan

Cegah Rabies, Ribuan Ekor Anjing di 8 Desa Divaksin
Gubernur Rohidin lantik wabupBS

Pemerintahan

Lantik Wabup Bengkulu Selatan, Gubernur Rohidin Pesan Ini

Pemerintahan

Jokowi Berikan Apresiasi Gerak Cepat Densus 88 Amankan Bom Tangsel
error: Konten ini dirpoteksi !!