Luis Milla resmi ditunjuk sebagai Pelatih Tim Merah Putih | Foto : FourFourTwo.com

PROGRES.ID, JAKARTA – PSSI resmi menunjuk Luis Milla sebagai pelatih timnas. Penunjukkan Milla itu diumumkan secara resmi pada jumpa pers yang digelar di kantor PSSI Pusat, Jakarta, Jumat (20/1/2017).

Nama Luis Milla dan Luis Fernandez sudah muncul sebagai kandidat pengganti Riedl sejak Kongres Tahunan PSSI di Bandung beberapa waktu lalu. Namun kala itu, Luis Fernadez lah yang lebih difavoritkan untuk mengarsiteki tim ‘Merah Putih’.

Baca : Luis Fernandez, kandidat terkuat…

Pada perkembangannya, calon pelatih Timnas Indonesia mengerucut pada satu nama, yakni Luis Milla. Dikabarkan, Luis Fernandez masih terkendala kontrak sebagai komentator di salah satu TV Perancis.

Dalam karir nya sebagai pelatih, Milla pernah melatih timnas Spanyol U-19, U-20, U-21, dan U-23. Bahkan, ia sukses mempersembahkan gelar Piala Eropa U-21 pada 2011, setelah setahun sebelumnya membawa Spanyol menjadi runner-up Piala Eropa U-19.

Milla sendiri dikenal sebagai pelatih yang ahli dalam memaksimalkan potensi pemain muda. Juan Mata, David de Gea, Javi Martinez, Gerard Deulofeu dan Thiago Alcantara adalah beberapa dari sekian banyak bakat-bakat istimewa yang pernah ‘dihasilkan’ dari tangan dingin Milla.

“Saya sudah tiba dua hari lalu. Orang-orang indonesia begitu antusias menyambut. Saya yakin bisa membentuk tim yang bagus. Ada sedikit masalah dengan komunikasi, tapi yang penting adalah bekerja sangat keras dan profesional,” ungkap Milla, dikutip dari liputan6.com (20/1).

PSSI akan mengontrak Milla selama dua tahun. Target tinggi pun dibebankan PSSI kepada mantan pelatih Real Zaragoza itu. Targetnya tidak main-main, yakni membawa timnas Indonesia U-22 meraih emas SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, serta (minimal) berprestasi di Asian Games 2018 di mana Indonesia akan menjadi tuan rumah. (dsy)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.