Mendagri Tjahjo Kumolo
Tjahjo Kumolo | Foto: Tjahjokumolo.com

PROGRES.ID, JAKARTA- Lulusan Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) sepertinya akan diwajibkan mengikuti pelatihan militer selama tujuh bulan. Seperti yang disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo yang mengusulkan lulusan IPDN nantinya akan diberi pangkat letnan dua setelahnya.

“Sebagai Mendagri saya mengusulkan lulusan Praja IPDN wajib militer dengan ditambah pendidikan militer selama tujuh bulan,” kata Tjahjo seusai memberikan ceramah umum bersama Kepala BNN dan Panglima TNI di kampus IPDN, Jatinangor, Jawa Barat, dikutip Antara Jumat, (16/12/16).

Pada prinsipnya Penglima TNI setuju dengan usulan tersebut karena selain ilmu pemerintahan alumni IPDN diharapkan mampu menjadi pasukan cadangan Bela Negara. Dengan begitu, kerjasama ini hanya tinggal menunggu proses resmi dan anggaranya saja.

“Semua sudah setuju dengan kerjasama ini, tinggal proses secara resmi dan terkait dengan anggaranya juga,” jelas Tjahjo.

Selain harus siap ditempatkan dimana saja, Tjahjo juga mengingatkan agar seluruh praja IPDN menyelesaikan tugas menimba ilmu dengan baik, berdisiplin tinggi, taat terhadap perintah dan aturan, serta hormat terhadap atasan.

“Mari bangun kegotongroyongan kita. Jangan melihat agama, ras, semua sama warga negara Indonesia,” jelas Tjahjo. (dsy)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.