Penghujung Tahun, Pemerintah Fasilitasi 35 TKI/WNI Kembali ke Tanah Air

Desember 30, 2016
Berita Utama Pemerintahan 0   159 views 0

PROGRES.ID, JAKARTA- Kementerian Luar Negeri RI dan sejumlah perwakilan lainnya memfasilitasi pemulangan sebanyak 43 Warga Negara Indonesia dan Tenaga Kerja Indonesia yang bermasalah.

Para WNI/TKI bermasalah tersebut masing-masing difasilitasi di KBRI Kuala Lumpur (Malaysia) sebanyak 35 orang, KBRI Beijing (China) dua orang, KBRI Manama (Bahrain) satu orang, dan KBRI Rabat (Maroko) lima orang.

“35 orang dari KBRI Kuala Lumpur sudah tiba di Bandara Soekarno-Hatta puul 14.05 dengan nomor penerbangan JT283. Mereka terdiri dari 29 dewasa, tiga anak, dan tiga bayi,” tutur Direktur Perlindungan WNI-BHI Kemenlu RI, Lalu Muhammad Iqbal dalam keterangan pers di Jakarta seperti dilansir Antara, Jumat, (30/12/16).

Iqbal menjelaskan, 35 TKI tersebut masing masing dari Jawa Barat 12 orang, Sumatera Utara sembilan orang, Jawa Timur lima orang, Jawa Tengah tiga orang, Jakarta dua orang, serta Nangroe Aceh Darussalam, Lampung, Banten, dan Nusa Tenggara Timur masing-masing satu orang.

“34 orang lainnya akan difasilitasi pemulangannya ke daerah asal oleh BNP2TKI,” ujarnya menambahkan.

Hal ini dilakukan negara sebagai salah satu bentuk perlindungan bagi WNI di luar negeri, pemerintah memberikan bantuan pemulangan bagi WNI/TKI bermasalah yang sudah tidak memiliki skema pemulangan.

“Prioritas Pemerintah adalah pada kelompok rentan seperti perempuan, anak-anak dan WNI bermasalah yang dalam keadaan sakit,” tutur Iqbal menjelaskan. (dsy)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.