Home / Nasional / Pemerintahan

Rabu, 4 Januari 2017 - 22:22 WIB

Presiden Jokowi Targetkan Pemerataan di Segala Aspek Kemasyarakatan

Presiden Joko Widodo | Foto: Istimewa/PROGRES.ID

Presiden Joko Widodo | Foto: Istimewa/PROGRES.ID

PROGRES.ID, BOGOR- Presiden Joko Widodo menyatakan program kerja pemerintah pada 2017 adalah fokus pada program pemerataan.

“Meskipun kita tahu angka Gini rasio kita sedikit membaik, tapi apapun kalau kita lihat angkanya masih pada posisi yang tinggi. Oleh sebab itu kita harus kerja keras, mati-matian dalam rangka menurunkan angka kesenjangan kita, baik kesenjangan antar wilayah, angka kesenjangan kaya dan miskin,” kata Jokowi saat memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Kepresidenan Bogor, seperti yang diansir Antara, Rabu, (4/1/2017).

Jokowi mengatakan, program pemerataan tersebut akan menjadi perhatian yang besar untuk ke depan. Hal ini dilakukan dalam rangka mengurangi kesenjangan, tahun ini dan tahun depan, kebijakan redistribusi aset dan legalisasi tanah menjadi sangat penting sekali karena pemerintah ingin rakyat mendapatkan akses pada tanah.

Baca Juga |  IJTI Kecam Pengusiran 2 Jurnalis Televisi Saat Liput Aksi Damai 2 Desember

Presiden meminta yang berkaitan dengan konsensi untuk rakyat, berupa tanah-tanah adat, sertifikat untuk rakyat akan menjadi fokus perhatiannya dan akan dilakukan secara besar-besaran dalam dua tahun ini.

“Kepada Menteri BPN (Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN) sudah saya sampaikan, kepada Menteri LHK (Lingkungan Hidup dan Kehutanan) sudah saya sampaikan agar redistribusi aset yang kita mulai pada akhir tahun 2016 lalu dan 2017 ini harus betul-betul kita kerjakan lebih masif lagi,” tegasnya.

Baca Juga |  Dihantam Ombak Besar, KM Karamando Tenggelam dan Tewaskan Empat Penumpang

Sementara itu, program rakyat mendapatkan modal perlu ditingkatkan. Jokowi minta program Kredit Usaha Rakat (KUR) pada tahun ini dan tahun depan lebih luas jangkauannya. Ia berharap KUR mampu memperbesar jumlah pinjaman dan memperluas jangkauan.

Selain itu program pemerataan ini juga ditujukan untuk memperluas akses masyarakat untuk mendapatkan pendidikan kejuruan serta pendidikan vokasi dan juga vokasional training (latihan vokasi). Kemudian, Jokowi juga memprioritaskan masyarakat mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS). (dsy)

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

KPI Nilai Teknologi Informasi Bisa Picu Pernikahan Dini

Pemerintahan

Longsor, Jalur Lintas Bengkulu Kepahiang Lumpuh
Ilustrasi intimidasi wartawan

Berita Utama

AJI, PWI, AMSI Hingga Forum Pemred Desak Polisi Usut Intimidasi Jurnalis Detik.com

Berita Utama

Air PDAM Tak Kunjung Mengalir, Warga Dua Kecamatan Di Kepahiang Krisis Air Bersih
Dirwan Mahmud

Berita Utama

Dirwan Mahmud Merasa Dijebak
Jokowi

Berita Utama

Jokowi Bubarkan 9 Lembaga Nonstruktural, Ini Daftarnya
Pj Gubernur Robert Simbolon

Berita Utama

Pj Gubernur Pastikan Pelantikan Kepala Daerah Terpilih 26 Februari 2021

Hukum

5 Tersangka Bakal Dituntut 20 Tahun
error: Konten ini dirpoteksi !!