Home / Pemerintahan

Rabu, 5 Februari 2020 - 16:41 WIB

Resmikan Monumen Fatmawati, Presiden Jokowi: Beliau Ibu Seluruh Rakyat Indonesia

Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah melambaikan tangan kepada warga yang ikut menyaksikan peresmian monumen Fatmawati Soekarno di Simpang Lima Kota Bengkulu (Foto: Media Center Pemprov Bengkulu)

Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah melambaikan tangan kepada warga yang ikut menyaksikan peresmian monumen Fatmawati Soekarno di Simpang Lima Kota Bengkulu (Foto: Media Center Pemprov Bengkulu)

Presiden Jokowi melambaikan tangan

Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah melambaikan tangan kepada warga yang ikut menyaksikan peresmian monumen Fatmawati Soekarno di Simpang Lima Kota Bengkulu (Foto: Media Center Pemprov Bengkulu)

BENGKULU, PROGRES.ID – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menuturkan, Fatmawati Soekarno adalah salah seorang pahlawan bangsa yang sangat berjasa kepada bangsa dan negara. Selamanya, kata Jokowi, Fatmawati akan dikenang sebagai sosok yang visioner.

“Kita bangsa Indonesia memiliki Bendera Pusaka Merah Putih yang dijahit dengan tangan beliau sendiri dan dipersiapkan sebelum Indonesia merdeka,” kata Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan pada acara peresmian Monumen Pahlawan Nasional Ibu Agung Fatmawati Soekarno di Simpang Lima Kota Bengkulu, Rabu (5/2/2020).

Sebagai Ibu Negara Indonesia pertama, kata Presiden Jokowi, Ibu Fatmawati selalu setia mendukung perjuangan Presiden Soekarno.

Selalu memberikan keteladanan tentang pentingnya pengorbanan dan selalu menekankan pentingnya menjaga semangat, menjaga mimpi di tengah keterbatasan- keterbatasan yang ada.

Peresmian Monumen Fatmawati

Presiden Jokowi, Ketua DPR RI Puan Maharani, Mensesneg Pratikno, Gubernur Rohidin dan putri-putri dari Fatmawati menekan tombol tanda peresmian patung Ibu Agung Fatmawati (Foto: Media Center Pemprov Bengkulu)

“Ibu Fatmawati bukan hanya Ibu-nya warga Bengkulu tapi juga Ibu-nya seluruh Rakyat Indonesia,” tegasnya.

Baca Juga |  Dinsos: Jika Ada Warga Dipasung Laporkan

Jokowi berujar, monumen ini mengingatkan anak-anak bangsa sebagai generasi penerus untuk meneladani sikap kenegarawanannya, serta memotivasi bangkitnya sikap-sikap kepahlawanan, rela berkorban untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa.

“Dan, monumen ini menjadi tenaga, bukti hormat kita atas perjuangan beliau, Ibu Fatmawati,” ujarnya.

Presiden Jokowi berpesan agar monumen yang dibuat oleh maestro patung Indonesia itu dapat dijaga dan dirawat dengan baik, sehingga selalu dapat dikenang semangat perjuangan Ibu Fatmawati bagi generasi bangsa.

“Terakhir, saya titip kepada seluruh masyarakat Bengkulu, marilah kita menjaga dengan baik monumen ini, merawat agar tidak rusak, merawat agar tidak lekang oleh waktu, sama seperti semangat Ibu Fatmawati yang tidak pernah luntur sampai kapanpun,” kata Presiden Joko Widodo diakhir sambutannya.

Sementara Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah atas nama pemerintah dan masyarakat Provinsi Bengkulu mengucapkan terimakasih kepada Presiden Joko Widodo beserta rombongan yang telah meluangkan waktunya di Bumi Rafflesia, tanah kelahiran Ibu Fatmawati Soekarno untuk meresmikan Monumen Pahlawan Nasional Ibu Agung Fatmawati Soekarno.

Baca Juga |  Ada Sandiaga dan Risma, Ini 6 Menteri Baru Jokowi-Ma'ruf

“Harapan kami kedepan tentu, peresmian Monumen Ibu Agung Fatmawati Soekarno ini dapat menggugah kita bersama bagaimana semangat perjuangan beliau (Ibu Fatmawati) yang luar biasa untuk kemerdekaan selalu tumbuh dan berkembang bagi masyarakat Bengkulu dan Indonesia untuk meneruskan pembanguan di berbagai bidang,” sampai Gubernur Rohidin dalam sambutannya.

Secara khusus Gubernur Rohidin juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada keluarga besar Ibu Fatmawati yang telah memberikan izin dan dukungan sepenuhnya untuk mewujudkan impian masyarakat Bengkulu dengan berdirinya Monumen Pahlawan Nasional Ibu Agung Fatmawati Soekarno di Provinsi Bengkulu ini.

Presiden Jokowi

Presiden RI Joko Widodo menyampaikan sambutan pada acara peresmian monumen Fatmawati Soekarno di Kota Bengkulu (Foto: Media Center Pemprov Bengkulu)

“Peresmian monumen ini sungguh sangat spesial karena bersamaan dengan Hari Ulang Tahun Ibu Fatmawati yang jatuh tanggal 5 Februari pada hari ini, maka memang sengaja paket peresmian monumen ini kita laksanakan di Provinsi Bengkulu sekaligus peringatan Hari Ulang Tahun Beliau dan peresmian Monumen Pahlawan Nasional Ibu Agung Fatmawati,” kata Gubernur Rohidin.

Gubernur Rohidin juga mengajak masyarakat mendoakan almarhumah Ibu Fatmawati.

“Saya mengajak kita semua, mari kita mendoakan Ibu Fatmawati, mudah-mudahan almarhumah di alam barzah bahagia, diterima dan dilipatgandakan semua amal kebaikannya. Dimaafkan, diampuni semua salah dan khilafnya sehingga beliau mendapatkan tempat yang mulia di sisi Allah SWT,” pinta Gubernur Rohidin.(rilis/red)

Share :

Baca Juga

Garuda Indonesia

Nasional

900 Pilot Menganggur, Menteri Perhubungan Batasi Tenaga Pilot Asing

Pemerintahan

Standard Chartered Libatkan 2.500 Nasabah Bahas Investasi Sikapi Perubahan Ekonomi

Pemerintahan

Diduga Bermasalah, Lapangan Tenis Indoor di RL Belum Dimanfaatkan
KSPI

Berita Utama

KSPI Tetap Gelar Aksi Demo 2 Desember

Pemerintahan

Perpanjangan SIUP dan TDP Dihapus, Pengusaha Sambut Gembira
Logo baru bawaslu

Pemerintahan

Ini 2 Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu Penambahan Terpilih
Wagub Terpilih Dedy

Pemerintahan

Dedy Ermansyah Terpilih Jadi Wagub Bengkulu, DPRD Segera Usul Penerbitan SK

Berita Utama

Kapolda Bengkulu Dukung Program JSPS , Helmi : Ada Warga Sakit Segera Lapor ke Pemkot
error: Konten ini dirpoteksi !!