Jokowi, Gempa Aceh, Okezone

PROGRES.ID, JAKARTA- Presiden Joko Widodo melakukan peninjauan lokasi bencana gempa Aceh, di Pidie Jaya. Dalam kunjunganya tersebut, ia melakukan peninjauan di beberapa titik bangunan yang rusak serta menjenguk korban gempa di RSUD Sigli.

Walaupun evakuasi masih terus dilakukan di Kabupaten Pidie Jaya, Pidie dan Bireuen, gempa yang berkekuatan 6,5 skala Richter tersebut telah mengakibatkan 102 orang meninggl dunia, korban luka 752 orang yang terdiri dari 136 luka berat dan 616 luka ringan. Dan  jumlah pengungsi sebanyak 10.301 orang.

Mengenai rumah warga yang rusak, Jokowi mengatakan pemerintah akan memberikan bantuan pembangunan kembali rumah warga yang rusak berat akibat gempa di Aceh sebesar Rp40 juta.

“Pemerintah pusat akan bantu, yang rusak berat dibantu Rp40 juta, yang rusak sedang ringan dibantu Rp20 juta,” kata Jokowi seusai meninjau rumah sakit lapangan di halaman Kantor Bupati Pidie Jaya, dikutip dari Antara Aceh, Jumat (9/12/16).

Presiden menyebutkan, kondisi rumah penduduk terdampak gempa itu saat ini sedang dalam proses verifikasi termasuk jumlahnya.

“Ada dua kategori nanti, yaitu yang rusak berat artinya sudah roboh total dan rusak sedang. Nanti baru dihitung jumlahnya berapa, akan ada keputusan bupati dan gubernur untuk menentukan jumlah,” katanya.

Sementara itu, presiden berjanji bahwa pemerintah pusat akan secepatnya membangun kembali bangunan-bangunan yang rusak karena gempa sehingga masyarakat di wilayah itu bisa segera memulai lagi kehidupan normalnya.

“Pemerintah pusat berusaha secepatnya membangun kembali terutama fasilitas umum, masjid, pondok pesantren, sekolah dalam waktu secepatnya,” kata Presiden.

Oleh karena itu, ia memastikan jajarannya agar bangunan yang rusak tersebut segera dibersihkan oleh TNI kemudian dibangun kembali oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). (dsy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.