Home / Berita Utama / Pemerintahan / Peristiwa

Jumat, 9 Desember 2016 - 16:34 WIB

Tinjau Korban Gempa, Jokowi Janjikan 40 Juta Bagi Rumah Rusak Berat

Jokowi, Gempa Aceh, Okezone

Jokowi, Gempa Aceh, Okezone

PROGRES.ID, JAKARTA- Presiden Joko Widodo melakukan peninjauan lokasi bencana gempa Aceh, di Pidie Jaya. Dalam kunjunganya tersebut, ia melakukan peninjauan di beberapa titik bangunan yang rusak serta menjenguk korban gempa di RSUD Sigli.

Walaupun evakuasi masih terus dilakukan di Kabupaten Pidie Jaya, Pidie dan Bireuen, gempa yang berkekuatan 6,5 skala Richter tersebut telah mengakibatkan 102 orang meninggl dunia, korban luka 752 orang yang terdiri dari 136 luka berat dan 616 luka ringan. Dan  jumlah pengungsi sebanyak 10.301 orang.

Mengenai rumah warga yang rusak, Jokowi mengatakan pemerintah akan memberikan bantuan pembangunan kembali rumah warga yang rusak berat akibat gempa di Aceh sebesar Rp40 juta.

Baca Juga |  Pesantren, Perempuan dan Perebutan Narasi di Internet

“Pemerintah pusat akan bantu, yang rusak berat dibantu Rp40 juta, yang rusak sedang ringan dibantu Rp20 juta,” kata Jokowi seusai meninjau rumah sakit lapangan di halaman Kantor Bupati Pidie Jaya, dikutip dari Antara Aceh, Jumat (9/12/16).

Presiden menyebutkan, kondisi rumah penduduk terdampak gempa itu saat ini sedang dalam proses verifikasi termasuk jumlahnya.

“Ada dua kategori nanti, yaitu yang rusak berat artinya sudah roboh total dan rusak sedang. Nanti baru dihitung jumlahnya berapa, akan ada keputusan bupati dan gubernur untuk menentukan jumlah,” katanya.

Baca Juga |  Divonis 20 Tahun Penjara, Jessica Banding

Sementara itu, presiden berjanji bahwa pemerintah pusat akan secepatnya membangun kembali bangunan-bangunan yang rusak karena gempa sehingga masyarakat di wilayah itu bisa segera memulai lagi kehidupan normalnya.

“Pemerintah pusat berusaha secepatnya membangun kembali terutama fasilitas umum, masjid, pondok pesantren, sekolah dalam waktu secepatnya,” kata Presiden.

Oleh karena itu, ia memastikan jajarannya agar bangunan yang rusak tersebut segera dibersihkan oleh TNI kemudian dibangun kembali oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). (dsy)

Share :

Baca Juga

Berita Utama

Warga Inggris Pilih Pelihara Ayam di Masa ‘Lockdown’

Berita Utama

Festival Teater SMAN1 Rejang Lebong 2017, KTB Juara Umum, SMAN1 Merigi Juara II

Berita Utama

Militer China Lakukan Latihan Serang di Laut Dekat Taiwan

Berita Utama

Menghina Rupiah Sama Saja Menghina Indonesia

Berita Utama

Pasukan Anti Taliban Rebut 3 Distrik di Afghanistan Utara
Andi

Berita Utama

Eksekusi Mati Freddy Cs, Pria Ini Kritisi Pemerintah Lewat Lagu

Berita Utama

Vaksin Pfizer Yang Dibeli Indonesia, Tiba di Bandara Soetta

Berita Utama

Problem Laten Pemilu di Indonesia