10 Fakta Tentang Kekaisaran Romawi, Nomor 5 Jadi Situs Keajaiban Dunia

ilustrasi peradaban romawi
Ilustrasi peradaban Romawi (c) National Geographic Indonesia

PROGRES.ID –┬áKekaisaran Romawi, sebuah peradaban kuno yang masih menyisakan jejaknya hingga hari ini, adalah salah satu kekaisaran terbesar dan terkuat dalam sejarah manusia.

Dari kejayaan kota Roma yang menjadi pusatnya, kekaisaran ini menguasai wilayah yang luas, mencakup sebagian besar Eropa, Timur Tengah, dan Afrika Utara.

Bacaan Lainnya

Di balik kemegahan dan kejayaan yang mengagumkan, Kekaisaran Romawi menyimpan berbagai fakta menarik yang menjadi saksi bisu kejeniusannya dalam militer, arsitektur, hukum, dan budaya.

Bayangkan sebuah kota kuno dengan jalan-jalan yang dibangun begitu kokoh sehingga beberapa di antaranya masih digunakan hingga saat ini, aqueduct yang mengalirkan air segar ke kota-kota besar, dan Colosseum yang menjadi tempat hiburan spektakuler.

Tidak hanya itu, pengaruh hukum Romawi hingga kini masih tercermin dalam sistem hukum modern, dan bahasa Latin yang mereka gunakan menjadi dasar dari banyak bahasa Eropa kontemporer.

Dari kehidupan perkotaan yang maju dengan berbagai fasilitas umum, hingga militer yang disiplin dan inovatif, serta transformasi keagamaan yang membawa kekaisaran ini ke era baru, mari kita telusuri lebih dalam fakta-fakta menarik tentang Kekaisaran Romawi.

Kisah tentang kejayaan dan warisan yang mereka tinggalkan akan membawa kita pada pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana peradaban ini membentuk dunia kita saat ini.

Berikut adalah 10 fakta menarik tentang Kekaisaran Romawi:

1. Vastness and Longevity: Kekaisaran Romawi adalah salah satu kerajaan terbesar dan terlama dalam sejarah. Pada puncaknya, sekitar abad ke-2 Masehi, wilayahnya mencakup seluruh Laut Tengah, sebagian besar Eropa, Timur Tengah, dan Afrika Utara.

2. Jalan Romawi: Romawi membangun jaringan jalan yang sangat ekstensif, dengan lebih dari 80.000 kilometer jalan yang menghubungkan berbagai bagian kekaisaran. Jalan-jalan ini sangat penting untuk pergerakan tentara, perdagangan, dan komunikasi.

3. Aqueducts: Romawi terkenal dengan sistem aqueduct yang canggih, yang memungkinkan mereka untuk mengalirkan air segar dari sumber-sumber jauh ke kota-kota besar. Beberapa aqueduct ini masih ada dan berfungsi hingga hari ini.

4. Hukum Romawi: Hukum Romawi memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap sistem hukum di banyak negara saat ini. Konsep-konsep seperti “innocent until proven guilty” (tak bersalah sampai terbukti bersalah) berasal dari hukum Romawi.

5. Colosseum: Colosseum di Roma adalah salah satu amfiteater terbesar yang pernah dibangun dan dapat menampung hingga 50.000 penonton. Di sini, warga Romawi menonton berbagai pertunjukan, termasuk pertarungan gladiator dan simulasi pertempuran laut.

6. Kehidupan Kota yang Maju: Kota-kota Romawi memiliki fasilitas umum seperti pemandian umum, toilet umum, pasar, dan amfiteater. Mereka juga memiliki apartemen bertingkat yang disebut “insulae” untuk menampung populasi perkotaan yang padat.

7. Militer yang Kuat: Legiun Romawi adalah kekuatan militer yang sangat disiplin dan terorganisir dengan baik. Mereka terkenal dengan strategi perang, formasi tempur seperti “testudo” (formasi kura-kura), dan kemampuan membangun infrastruktur militer dengan cepat.

8. Bahasa Latin: Bahasa Latin yang digunakan oleh Romawi menjadi dasar bagi banyak bahasa Eropa modern, seperti Italia, Prancis, Spanyol, Portugis, dan Rumania. Bahasa Latin juga merupakan bahasa ilmiah dan akademis di Eropa selama berabad-abad.

9. Peninggalan Budaya: Romawi meninggalkan warisan budaya yang kaya, termasuk seni, arsitektur, sastra, dan filsafat. Karya-karya seperti puisi Vergilius, sejarah Tacitus, dan filsafat Seneca masih dipelajari hingga sekarang.

10. Kristianisasi Kekaisaran: Pada awalnya, Kekaisaran Romawi bersikap keras terhadap agama Kristen, namun pada abad ke-4 Masehi, di bawah pemerintahan Kaisar Konstantinus, agama Kristen diakui dan kemudian menjadi agama resmi kekaisaran.

Fakta-fakta ini menunjukkan betapa maju dan berpengaruhnya Kekaisaran Romawi dalam berbagai aspek kehidupan, dari infrastruktur hingga budaya, yang dampaknya masih terasa hingga hari ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.