Home / Berita Utama / Peristiwa

Minggu, 4 Juli 2021 - 05:56 WIB

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Bengkulu, Begini Penjelasan BMKG

Ilustrasi gempa (Tirto.id)

Ilustrasi gempa (Tirto.id)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Gempa dengan magnitudo 5,3 mengguncang Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu dan sekitarnya pada Sabtu(03/07/2021) pukul 20:09:28 WIB. Berdasarkan informasi yang disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa itu terjadi di wilayah laut Bengkulu dan merupakan gempa tektonik.

Awalnya, BMKG merilis magnitudo gempa adalah 5,5. Namun, setelah dianalisis kembali, BMKG mengoreksi magnitudo gempa menjadi 5,3. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 4.32° LS ; 102.31° BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 41 km arah Barat Daya Kabupaten Seluma, Bengkulu pada kedalaman 60 km.

Masih berdasarkan informasi yang dinukil dari BMKG yang dirilis via grup Telegram, BMKG menginformasikan, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam lempeng Eurasia, jka memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault). Gempa ini dirasakan di Manna III-IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu, Argamakmur, Kepahiang, dan Curup III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ), Enggano, Mukomuko, dan Liwa II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” tulis imbauan BMKG.(red)

Share :

Baca Juga

Berita Utama

Listrik Padam Akibat Badai, Semua Mahasiswa New Orleans Dievakuasi

Berita Utama

Isu Arus Migran Perdalam Keretakan antara Inggris dan Perancis

Berita Utama

Palestina Keberatan Benderanya Dikibarkan Dalam Aksi Massa

Berita Utama

Belajar Daring Semasa Pandemi Pengaruhi Penglihatan Anak-Anak

Berita Utama

Kekerasan Terhadap Istri Masih Tinggi

Berita Utama

Pengungsi Suriah Jadi Sasaran Kekerasan Malam Hari di Ankara 

Berita Utama

Yatim Piatu Terdampak Pandemi Hadapi Ancaman Eksploitasi

Berita Utama

DK PBB kepada Taliban: Biarkan WN Afghanistan Pergi