Heboh Fenomena Suara Dentuman Misterius di Sumenep, Ini 5 Faktanya

ilustrasi gempa
Ilustrasi gempa (Tirto.id)

JAWA TIMUR, PROGRES.ID – Warga di Dusun Tengah, Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, kini dihebohkan oleh fenomena alam yang tak biasa, yakni getaran, dentuman, dan suara misterius yang berasal dari dalam Bumi. Meskipun belum terungkap secara jelas apa penyebabnya, suara getaran dan dentuman tersebut telah terasa oleh warga selama kurang lebih 10 hari.

Pihak Kepolisian mengungkapkan bahwa setidaknya lima titik rumah merasakan getaran dan suara misterius ini dengan sangat kuat.

Bacaan Lainnya

“Suara fenomena alam ini terdengar seperti suara orang yang sedang menggali sumur dari dalam Bumi, namun belum diketahui pasti apa penyebabnya,” kata Kepala Seksi Humas Polres Sumenep AKP Widiarti pada Sabtu (12/8/2023) dikutip dari CNN Indonesia.

Peristiwa ini dilaporkan terjadi sekitar pukul 09.45 WIB dan mengakibatkan kepanikan dan kekhawatiran di kalangan warga setempat.

Berikut adalah beberapa fakta terkait fenomena suara misterius di Sumenep:

Evakuasi Lima Kepala Keluarga
Karena kekhawatiran akan mungkin terjadi hal yang tak diinginkan, polisi mengambil langkah untuk mengungsikan lima kepala keluarga (KK) di Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng, Sumenep.

Belum Terdampak Gempa
Koordinator Observasi dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pasuruan, Suwarto, menjelaskan bahwa tidak ada catatan gempa yang terjadi bersamaan dengan fenomena suara misterius ini. Namun, belum ada kejelasan mengenai penyebab suara tersebut.

Penyelidikan oleh Tim Ahli
Pakar Geologi dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Amien Widodo, menduga bahwa suara dentuman misterius ini bukanlah akibat dari peristiwa geologi. Ia menyatakan kemungkinan adanya suara tersebut terkait dengan proyek yang berlangsung di dekat lokasi.

Faktor Geologi dan Aktivitas Tanah
Dosen Fakultas Geologi di Universitas Padjadjaran, Dicky Muslim, mengaitkan suara tersebut dengan beberapa proses geologi. Daerah Sumenep berdekatan dengan zona sesar Rembang-Madura-Kangean-Sakala (RMKS), dan beberapa faktor seperti pergeseran lapisan batuan, aliran air tanah, serta tekanan tektonik dapat berkontribusi pada fenomena ini.

Langkah Pemkab Sumenep
Pemerintah Kabupaten Sumenep akan mengundang tim ahli geologi dari Institut Teknologi Nasional Malang (ITN) untuk melakukan penelitian lebih lanjut terhadap fenomena ini. Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo menekankan perlunya menunggu kedatangan ahli geologi sebelum mengambil tindakan lebih lanjut.

Fenomena suara misterius ini telah menimbulkan kehebohan dan kecemasan di kalangan warga Sumenep. Hingga kini, penyebab pasti dari suara getaran dan dentuman tersebut masih dalam tahap penyelidikan oleh para ahli.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.