Home / Berita Utama / Peristiwa

Rabu, 25 Januari 2017 - 19:35 WIB

Palestina Keberatan Benderanya Dikibarkan Dalam Aksi Massa

PROGRES.ID, JAKARTA – Melalui penyataan resminya, Kedutaan Besar (Kedubes) Palestina di Jakarta, mewakili Otoritas Palestina, menyampaikan keberatan bendera Palestina dibawa dalam demonstrasi atau unjuk rasa yang sama sekali tidak berhubungan dengan Palestina.

Hal ini seolah merespon fenomena beberapa bulan belakangan di mana bendera Palestina dikibarkan dalam sejumlah aksi masa yang tidak ada sangkut pautnya sama sekali dengan Palestina.

“Kedutaan menyayangkan telah melihat baru-baru ini bendera Palestina dikibarkan dalam demonstrasi non damai yang murni hanya berhubungan dengan urusan domestik Indonesia. Sangat jelas tindakan itu tidak dapat diterima dan dianggap sebagai dukungan atau solidaritas dalam bentuk apa pun kepada Palestina,” demikian isi pernyataan pers Kedubes Palestina, seperti ditulis Okezone, Rabu (25/1/2017)

Secara tertulis, Kedubes Palestina juga menegaskan bahwa penggunaan bendera Palestina terutama unjuk rasa yang “tidak damai” merupakan perilaku yang tak bisa diterima serta tidak bisa dianggap sebagai simbol dukungan atau solidaritas untuk Palestina

“Sahabat Palestina yang sejati dan tulus akan menjaga stabilitas dan kedamaian di negara mereka, jika mereka benar-benar tulus ingin menciptakan kedamaian di Palestina,” lanjut pernyataan tertanggal 21 Januari 2017 tersebut.

Pernyataan resmi Kedubes Palestina terkait penggunaan bendera dalam aksi di Indonesia | Foto : Detiknews

 

Staf Kedutaan Palestina, Sari Amalia, seperti dikonfirmasi oleh BBC.com (25/1), tidak menyebut secara spesifik kelompok atau unjuk rasa tertentu. Menurutnya, ini merupakan pengamatan umum yang tampak pada unjuk rasa tahun 2016 dan awal 2017. Pernyataan ini penting untuk disampaikan karena mereka merasa penggunaan bendera itu tidak pada tempatnya.

“Seperti kedutaan lain, kami tentu punya komitmen untuk tidak mau mengintervensi dan tidak mau terbawa oleh urusan dalam negeri Indonesia,” lanjutnya.

Untuk ke depannya, Kedubes Palestina juga berharap bendera Palestina tidak lagi digunakan dalam unjuk rasa yang berhubungan dengan urusan dalam negeri Indonesia. (dsy)

Share :

Baca Juga

Launching HUT Kota 300

Berita Utama

Dilaunching Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi, Ini Rangkaian Kegiatan HUT Kota Bengkulu Ke-300

Berita Utama

Inggris Tunda Pemeriksaan Perbatasan Pasca-Brexit, Upayakan Pembicaraan Baru dengan Uni Eropa
kpu

Berita Utama

KPU RI Resmi Tetapkan 5 Anggota KPU Provinsi Bengkulu, Wajah Lama Masih Mendominasi

Berita Utama

Badai Henri Bergerak ke Utara, Keadaan Darurat untuk Vermont
KMK Unib

Berita Utama

Latihan Kepemimpinan UKM KMK Unib, Ada Aksi Sosial Hingga Analisa SWOT

Berita Utama

Vietnam Dilanda “Panic Buying” Menjelang “Lockdown”
Ceko

Berita Utama

Republik Ceko Ganti Nama Jadi Czechia

Berita Utama

Militer Amerika akan Bantu Evakuasi Warga AS dari Afghanistan