Home / Politik

Kamis, 22 Oktober 2020 - 23:27 WIB

Bawaslu Rekomendasi 6 Petahana Didiskualifikasi, di Kaur Salah Satunya

Ketua Bawaslu RI Abhan (Foto: Bawaslu.go.id)

Ketua Bawaslu RI Abhan (Foto: Bawaslu.go.id)

JAKARTA, PROGRES.ID – Bawaslu RI merekomendasikan 6 calon kepala daerah petahana Pemilihan Serentak 2020 untuk didiskualifikasi. Enam calon petahana itu dinilai melakukan pelanggaran terkait dugaan penyalahgunaan anggaran dan penyalahgunaan wewenang. Salah satu dari calon petahana tersebut adalah calon petahana dari Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu.

“Terkait dengan soal penggunaan anggaran dan program pemerintah ini yang saya kira sudah beberapa daerah yang sampai kami lakukan rekomendasi diskualifikasi. Karena apa? Bahwa terutama bagi petahana yang melakukan program pemerintah ini untuk kepentingan kampanye pasangan calon,” kata Ketua Bawaslu Abhan dalam diskusi yang disiarkan di YouTube Rumah Pemilu, Rabu (21/10/2020).

Baca Juga |  Ketum PKB Muhaimin: Tidak Benar Ma'ruf Intoleran

Abhan menuturkan, enam calon petahana itu dinilai melanggar aturan pasal 71 ayat 3 Undang-undang Pemilihan tentang larangan petahana menggunakan kewenangan, program, dan kegiatan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon, baik di daerah sendiri maupun daerah lain dalam waktu 6 bulan sebelum penetapan sampai penetapan pasangan calon terpilih.

“Ada enam daerah yang sudah kami rekomendasikan untuk didiskualifikasi karena di dalam kampanye atau selama kegiatan kampanye atau dan sebelumnya telah melakukan penyalahgunaan kewenangan APBD yang dipergunakan untuk nuansa kampanye bahkan juga bansos COVID-19 sebagian,” ujar Abhan seperti dikutip dari Antaranews.com dari berita berjudul “KPU tindak lanjuti enam petahana yang direkomendasikan diskualifikasi.”

Baca Juga |  5 Timsel Calon Komisioner KPU Provinsi Bengkulu, 4 Akademisi 1 Birokrat

Untuk diketahui, 6 calon kepalada daerah yang direkomendasikan Bawaslu untuk didiskualifikasi itu, yakni petahana di Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Kabupaten Ogan Ilir, Sumsel, Halmahera Utara, Maluku Utara, Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Share :

Baca Juga

Prabowo

Berita Utama

Prabowo Jadi Menteri Jokowi, Persaudaraan Alumni 212 Kecewa
Rohidin Golkar

Berita Utama

Aklamasi, Rohidin Mersyah Didapuk Pimpin Golkar Provinsi Bengkulu
Firman Akbar

Berita Utama

Jalur Perseorangan, Pria Asal Bengkulu Ini Siap Maju Pilgub Aceh 2017
Jokowi Prabowo

Nasional

Survei SMRC: Elektabilitas Jokowi Unggul Belasan Persen dari Prabowo
Gubernur pantau

Berita Utama

Pantau 3 TPS Pilwakot Bengkulu, Plt Gubernur: Kunci Sukses Pilkada, Penyelenggara yang Berintegritas
Parpol

Berita Utama

Golkar Rejang Lebong Dapat Catatan, Partai Berkarya TMS

Peristiwa

Pemkab Kepahiang Inisiasi Salat Gerhana
Prabowo Sandi

Berita Utama

Soal Ekonomi Negara, Prabowo Salahkan Presiden Sebelum Jokowi
error: Konten ini dirpoteksi !!