Prabowo-Gibran Kenakan Baju Biru Muda, Apa Maknanya?

prabowo-gibran
Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada orasinya usai pendaftaran di KPU (Foto: Tangkapan Layar Youtube GerindraTV)

JAKARTA, PROGRES.ID –¬†Pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka tampil seragam ketika mendaftar ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari Rabu, 25 Oktober 2023. Keduanya mengenakan kemeja berwarna biru muda dengan celana hitam.

Keseragaman pakaian ini tampak sejak Prabowo-Gibran berkumpul di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan. Mereka mempertahankan penampilan ini ketika berinteraksi dengan pendukung di Indonesia Arena, yang merupakan bagian dari kompleks Gelora Bung Karno (GBK), termasuk saat mendaftar untuk Pemilihan Presiden 2024 di Kantor KPU.

Bacaan Lainnya

Pemilihan warna biru muda oleh pasangan Prabowo dan Gibran dilihat sebagai simbol yang memiliki makna tertentu terkait dengan citra mereka.

Seorang pengamat politik, Arif Susanto, mengungkapkan bahwa warna biru memiliki konotasi keandalan. Dia menjelaskan bahwa pemilihan warna ini mungkin mencerminkan respons terhadap keinginan masyarakat akan tatanan dan stabilitas.

“Biru itu dapat bermakna bisa diandalkan. Mungkin Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming membaca kebutuhan masyarakat tentang keteraturan,” ujar Arif, seperti dikutip dari CNN Indonesia.

Di sisi lain, biru muda juga bisa diartikan sebagai simbol imajinasi. Arif mengamati bahwa ini bisa mencerminkan upaya pasangan tersebut untuk mendekati pemilih muda dan memfasilitasi komunikasi antara Prabowo dan Gibran, yang memiliki perbedaan usia yang signifikan.

Arif juga menyoroti bahwa pemilihan kemeja biru ini menandai perubahan dalam gaya Prabowo dalam konteks Pilpres 2024. Dia menyebutkan bahwa ini merupakan langkah keluar dari citra Prabowo yang selama ini dikaitkan dengan pakaian safari, kemeja putih, atau pakaian bergaya militer.

Sementara itu, Adi Prayitno, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, mengatakan bahwa pemilihan warna biru oleh Prabowo-Gibran bertujuan untuk menunjukkan perbedaan yang jelas dibandingkan dengan calon presiden dan wakil presiden lainnya. Menurutnya, warna biru ini melambangkan ketenangan, kedamaian, dan kebahagiaan.

Adi Prayitno menekankan bahwa simbolisme warna pakaian masih dianggap penting oleh sebagian masyarakat, meskipun ada yang menganggapnya sebagai hal biasa.

Selama kunjungan Prabowo-Gibran dari kediaman Prabowo ke Indonesia Arena di kompleks GBK, terlihat relawan dan pendukung yang memenuhi tribun Indonesia Arena. Mereka mengenakan atribut sesuai dengan organisasi masing-masing, termasuk Purnawirawan Pejuang Indonesia Raya (PPIR), Pedagang Pejuang Indonesia Raya (Pepera), dan kader partai politik yang tergabung dalam KIM, seperti Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PBB, Gelora, Garuda, dan PSI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.