Home / Regional

Jumat, 2 Oktober 2020 - 19:19 WIB

Pandemi Covid-19, IDC 2020 Digelar Virtual, Menperin Resmi Buka Acaranya

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat emnyampaikan sambutan sekaligus membuka acara IDC secara virtual (Tangkapan Layar)

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat emnyampaikan sambutan sekaligus membuka acara IDC secara virtual (Tangkapan Layar)

BENGKULU, PROGRES.ID – Peringatan International Coffee Days (IDC) yang jatuh pada tanggal 1 Oktober diperingati secara virtual. Kali ini Provinsi Bengkulu yang menjadi tuan rumah ICD yang dibuka langsung oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita dan Plt Gubernur Bengkulu Dedi Ermansyah, Bencoolen Coffee bersama PT CGI (Cybers Global Indonesia). Tak hanya dari dalam negeri, peserta acara ini juga ada yang berasal dari luar negeri, seperti India, China, Korea Selatan, Timur Tengah dan banyak negara lain. Acara ini akan berlangsung selama 4 hari, mulai 1 hingga 4 Oktober 2020.

Menurut Ketua panitia peringatan International Coffee Days, Dedi Yudianto, Bengkulu ditunjuk Kementerian Perindustrian pada tahun 2019 sebagai tuan rumah peringatan hari kopi sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Oktober 2020. Acara ini sempat sempat dibatalkan karena pandemi Covid-19, namun Pemprov bekerjasama dengan Bencoolen Coffee bersama PT CGI menginisiasi agar IDC tetap berjalan, meski dilaksanakan secara virtual.

“Walau pun dilakukan secara virtual, tetap tidak mengurangi makna peringatan hari kopi sedunia ini,” ujar Dedi saat diwawancarai, Kamis (01/10/2020).

Baca Juga |  Pembangunan Insfrastruktur Umum, Mampu Tekan Keluhan Masyarakat di Daerah Terisolir

Dedi mengatakan, meski digelar secara virtual semua rangkaian kegiatan tetap bisa dilakukan, termasuk acara Trading B to B oleh perwakilan Kelompok Tani dan para pengusaha kopi. Panitia juga menyiapkan website khusus kopi Indonesia dalam menyambut IDC 2020 dengan alamat http://coffee.cybers.id.

“Acara ini dibuka langsung oleh Menperin Bapak Agus Gumiwang Kartasasmita dan Plt Gubernur Bengkulu Bapak Dedy Ermansyah bersama Chairmain ICO 2019/2020,  serta Dirjen Bun Kementan, Dirjen Amerika Eropa Kemenlu, semangat Kopi Indonesia tetap mendunia di tengah pandemi,” jelas Dedi.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, meski ditengah pandemi kegiatan IDC ini merupakan momen penting untuk bisa memperkenalkan kopi Indonesia ke mata dunia. Selain itu juga memberikan apresiasi pada Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah yang telah memberikan gagasan dalam kegiatan yang dilakukan secara virtual ditengah pandemi covid-19.

“Kita berikan apresiasi yang tinggi pada Bengkulu yang telah menyelenggarakan kegiatan ini dan ini pertama kalinya dilakukan secara virtual. Harapan kita kegiatan ini mampu ikut mendorong produksi kopi kita sehingga juga dapat mengangkat ekonomi para petani kopi,” kata Agus Gumiwang.

Baca Juga |  Adu Kuat Berebut Proyek, Nama Istri Wali Kota Yogya Disebut

Agus mengatakan, meski ditengah pandemi, bukan menjadi halangan kita untuk untuk tetap berusaha terutama buat kesejahteraan para petani, apalagi Indonesia merupakan salah satu penghasil kopi terbesar di dunia. Bahkan Bengkulu merupakan penghasil kopi ketiga terbesar di Nusantara.

“Selamat hari kopi dunia, mari kita bangkitkan produksi kopi kita demi kesejahteraan bersama,” papar Agus.

Sementara itu Plt Gubernur Benglulu Dedy Ermansyah menjelaskan, saat ini Bengkulu tengah menggiatkan produksi kopi dengan kualitas terbaik. Tujuannya agar kopi Bengkulu mudah dikenal dunia karena memiliki keunikan rasa tersendiri. Acara ICD ini merupakan ajang memperkenalkan kopi Bengkulu ke tingkat nasional dan internasional.

“Agar mendukung program cinta kopi Tanah Air, kita telah membuat program satu desa satu warkop untuk seluruh desa yang ada di Provinsi Bengkulu. Jadi, siapapun yang datang ke Bengkulu akan dapat menikmati kopi di seluruh pelosok dengan rasa dan seduhan yang sama,” jelas Dedy Ermansyah kepada wartawan.(hdn)

Share :

Baca Juga

Festival Bumi Rafflesia

Berita Utama

Kesenian dari 4 Negara Ikut Ramaikan Pembukaan Festival Bumi Rafflesia

Regional

Gubernur Rohidin Buka Mukernas Mahasiswa Pancasila – PEMERINTAH PROVINSI BENGKULU
Margoyoso

Berita Utama

Di Pati, Beberapa Veteran Hidup Miskin Juga Ada yang Stroke, Danramil Margoyoso Pati Beri Sembako
Jambore Pemuda Daerah

Pemerintahan

Gubernur Rohidin Buka Seleksi JPD XII Tahun 2019 di Kabupaten Benteng

Regional

Pemprov Bengkulu Apresiasi Kinerja PMI Bengkulu Peduli Kemanusiaan & Penanganan COVID-19 – PEMERINTAH PROVINSI BENGKULU
Apel lilin 2020

Kesehatan

Gubernur Rohidin: Pergantian Tahun Baru Nanti di Rumah Saja

Regional

323 WNA Kantongi Izin Menetap dan Bekerja di Bengkulu

Regional

Terpilih Aklamasi, Sekdaprov Hamka Sabri Siap Majukan Pramuka Bengkulu – PEMERINTAH PROVINSI BENGKULU