pubmatic.com, 157566 , DIRECT, 5d62403b186f2ace

Cegah Kanker Serviks, Dinkes dan PKK RL Akan Gelar Pemeriksaan IVA

Dinkes Rejang Lebong
Rakor Pemeriksaan IVA dimasa pendemi Covid-19 bersama TP PKK Kabupaten Rejang Lebong (Foto: Media Center RL/PROGRES.ID)

REJANG LEBONG, PROGRES.ID – Dinas Kesehatan Rejang Lebong bersama Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Rejang Lebong menggelar rapat koordinasi persiapan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA)  pada masa pandemi covid-19 yang juga bertepatan dengan bulan bhakti IVA.

Pada rakor yang digelar pada Rabu (27/10/2021) di aula Nahdlatul Ulama Rejang Lebong tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong, Syamsir menuturkan, IVA diperlukan bagi masyarakat, terutama perempuan sebagai upaya pencegahan kanker serviks.

“IVA ini adalah pemeriksaan leher rahim yang diperlukan agar perempuan di Rejang Lebong bebas kanker serviks. Jika diketahui ada gejala, maka bisa dilakukan pencegahan atau antisipasi,” ungkap Syamsir.

Syamsir menambahkan, perempuan yang menjadi target pemeriksaan IVA ini adalah perempuan dari pasangan usia subur dan telah berusia 30 tahun ke atas.

“Yang menjadi target pemeriksaan ini adalah perempuan usia subur dan umurnya sudah 30 tahun ke atas. Tes ini sebenarnya sudah berjalan di 21 Puskesmas di Rejang Lebong dan kami berharap perempuan Rejang Lebong bisa proaktif memeriksakan diri ke Puskesmas setidaknya setahun sekali,” imbuhnya.

Ia menambahkan, ada beberapa persyaratan sebelum pemeriksaan IVA dilakukan, yakni, perempuan yang akan diperiksa tidak sedang mengalami haid. Kemudian, tidak melakukan hubungan suami istri selama 24 jam sebelum pemeriksaan dilakukan. Pemeriksaan juga harus dilakukan oleh perempuan yang pernah berhubungan badan atau hubungan laiknya suami dan istri.

“Agar hasil IVA akurat, maka yang menginspeksi adalah orang sudah pernah berhubungan, yang diperiksa tidak haid, tidak habis berhubungan selama 24 jam inspeksi,” demikian Syamsir.(pariwara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.