Cara Cek Dokter IDI dan KKI, Agar Terhindar Praktik Dokter Palsu

cek dokter

PROGRES.ID – Kasus Susanto yang menggunakan data dr. Anggi Yurikno berhasil menipu dan bekerja sebagai dokter yang ditugaskan rumah sakit di PT Pelindo Husada Citra (PT PHC) Surabaya harus menjadi pelajaran. Tak hanya manajemen rumah sakit, masyarakat umum juga harus waspada terhadap praktik seperti itu.

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Adib Khumaidi, memberikan imbauan kepada masyarakat untuk melakukan pengecekan data dokter melalui website resmi IDI.

Bacaan Lainnya

“Pasien bisa memasukkan nama dokter yang ingin dicek di website di kolomnya,” ungkap Adib Khumaidi saat jumpa pers Klarifikasi dan Penjelasan Mengenai Kasus dokter Gadungan IDI melalui zoom, Kamis (14/8/2023) dikutip dari BeritaSatu.com.

Berikut ini cara cek data dokter anggota IDI online:

  1. Ketik alamat web https://idionline.org/organisasi/info/diranggota di browser
  2. Tuliskan nama lengkap dokter yang ingin dicari datanya di kolom yang tersedia
  3. Lalu, tekan Enter.
  4. Website akan menampilkan foto, nama lengkap, NPA, asal wilayah dan asal cabang keanggotaan IDI.

Jika data tersebut tidak tersedia atau tidak muncul, maka dokter yang dimaksud bukan anggota IDI. Untuk itu Anda perlu cek lagi di situs lembaga asosiasi dokter lainnya.

Berikut ini adalah acara cek data dokter di situs atau aplikasi milik Konsil Kedokteran Indonesia (KKI). Untuk diketahui, KKI adalah sebuah lembaga resmi yang bertanggung jawab atas profesionalisme dan praktik dokter di Indonesia. Semua dokter yang memberikan layanan kesehatan diwajibkan untuk terdaftar di KKI, yang juga mengeluarkan Surat Tanda Registrasi (STR) dokter. Ini berlaku untuk dokter yang bekerja secara mandiri, di fasilitas kesehatan, seperti BPJS, klinik umum, puskesmas, rumah sakit, dan layanan kesehatan lainnya.

Cara cek data dokter KKI online :

cek dokter kki

  1. Buka link https://kki.go.id/cekdokter/form
  2. Ketik nama lengkap dokter yang ingin dicari
  3. Ketik Captcha sesuai yang muncul di layar
  4. Klik tombol “CARI  DOKTER”
  5. Setelah itu akan muncul data dokter
  6. Klik Detail untuk melihat data dokter yang lebih lengkap

Itulah cara mengecek data dokter asli dan palsu agar kita terhindar dari praktik dokter gadungan yang tidak bertanggung jawab.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.