Tim Ilmuwan Temukan Dinosaurus Baru di Argentina

Penemuan fosil dinosaurus baru
Tim pakar paleontologi Argentina menunjukkan fosil 'Chakisaurus nekul,' sebuah dinosaurus herbivora terbaru yang hidup sekitar 90 juta tahun lalu di Patagonia, di museum sains nasional Buenos Aires, pada 24 April 2024. (Foto: Reuters/Miguel Lo Bianco via VOA Indonesia)

PROGRES.ID –┬áTim pakar paleontologi di Argentina menemukan dinosaurus herbivora yang hidup lebih dari 90 juta tahun lalu.

Diberi nama Chakisaurus nekul, kata dari bahasa asli Aonikenk dan Mapudungun, merujuk pada kemampuannya berlari cepat, dinosaurus itu ditemukan di wilayah Rio Negro.

Bacaan Lainnya

Seorang anggota tim ilmuwan itu, Rodrigo Alvarez, mengatakan, “Spesies baru ini, Chakisaurus nekul, adalah herbivora berkaki dua.

Di antara ciri-ciri terpentingnya adalah ekor yang melengkung ke bawah, yang merupakan sesuatu yang sangat baru bagi hewan-hewan ini.

Bentuk ekor ini berbeda dari dinosaurus lain yang memiliki ekor horizontal.

Hewan ini juga dikenal sebagai pelari yang baik, sesuatu yang dibutuhkan karena ia hidup dengan sejumlah besar predator dan satu-satunya pertahanannya adalah menjadi lebih cepat dari mereka.”

Chakisaurus ditemukan pada perjalanan tahun 2018 di Cagar Alam Pubelo Blanco yang kaya akan fosil. [ka/jm]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.