pubmatic.com, 157566 , DIRECT, 5d62403b186f2ace

Kunjungi Stand Pameran Bengkulu, Arumi Bachsin Mengaku Kagumi Kain Besurek

Media Center Pemprov Bengkulu
Ketua Dekranasda Provinsi Bengkulu Derta
Ketua Dekranasda Provinsi Bengkulu Derta Rohidin memberikan cinderamata kepada Ketua Dekranasda Jawa Timur Arumi Bachsin (Foto: Media Center Prov Bengkulu/PROGRES.ID)

JAKARTA, PROGRES.ID – Ketua Dekranasda Jawa Timur Arumi Bachsin mengaku kagum dengan Kain Besurek yang merupakan kerajinan batik khas Bengkulu. Hal ini diungkapkan Arumi saat mengunjungi stand pameran Provinsi Bengkulu pada ajang Pameran Kerajinan Nusantara Kriyanusa 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (21/9/2022) yang diselenggarakan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas).

“Alhamdulillah, Bengkulu merupakan tanah leluhur saya. Tepatnya di Bengkulu Selatan, Manna. Kain Besurek Bengkulu sangat bagus, dan dulu waktu saya menikah seserahannya ada juga membawa kain Besurek,” tutur Arumi.

Ketua Dekranasda Provinsi Bengkulu Derta Rohidin pun memberikan cinderamata kepada Arumi Bachsin yang hadir ke stand pameran Provinsi Bengkulu tersebut.

“Kita kedatangan Ibu Arumi, yang sangat bangga berasal dari Bengkulu tepatnya Manna. Ada sedikit cinderamata yaitu sarung Kain Besurek untuk beliau, semoga beliau senang dan tambah cinta kepada Bengkulu,” imbuh Derta yang juga menjabat sebagai Ketua TP PKK Provinsi Bengkulu.

Ia menjelaskan juga, pada pameran Kriyanusa 2022 ini, Bengkulu menampilkan produk-produk kriya unggulan diantaranya Kain Besurek, tas Besurek yang dikolaborasikan dengan kerang hijau, sandal, kipas, cinderamata kalung hingga produk anyaman bambu dan tas dari kulit kayu lantung.

“Kriyanusa 2022 ini, Dekranasda Provinsi Bengkulu dan Dekranasda Bengkulu Tengah hadir membawa produk kriya dari pengrajin UMKM. Tentu, produk unggulannya Kain Besurek, yang dikolaborasikan dengan kerang hijau dan kulit lantung. Kemudian, ada produk kriya dari bahan bambu asal Bengkulu Tengah yang menjadi juara pada Rakerda Dekranasda lalu,” ujar Derta saat meninjau Stand.

Selain itu, menurut Derta, produk kriya Bengkulu akan terus dikembangkan pemasarannya dan Dekranasda berkomitmen memberikan bimbingan, agar ke depan para pengrajin dapat mandiri memasarkan produknya secara daring (online).

“Dekranasda akan membantu pengrajin agar dapat membuat foto produk sendiri hingga membuat website marketplace, sehingga produknya dapat dipasarkan ke seluruh dunia,” terang Derta.

Untuk diketahui,┬áPameran Kerajinan Nusantara Kriyanusa 2022 dibuka secara langsung oleh Ibu Presiden RI Iriana Joko Widodo, dan turut hadir Ketua Umum Dekranas Wury Ma’ruf Amin, serta Ketua Dekranasda se-Indonesia dan Kepala Disperindag se-Indonesia. Pameran Kriyanusa 2022 berlangsung dari tanggal 21 hingga 26 September 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.