Home / Travel

Rabu, 15 September 2021 - 16:21 WIB

Speelwijk, Sebuah Keberanian dan Kekalahan

Benteng Speelwijk (Foto: Kemdikbud.go.id)

Benteng Speelwijk (Foto: Kemdikbud.go.id)

PROGRES.ID – Banten yang memiliki banyak peninggalan sejarah merupakan potensi yang tidak ternilai untuk dikembangkan sebagai oyek wisata. Salah satunya, Benteng Speelwijk, sebuah benteng yang peninggalan Belanda ketika pertama kali mendarat di pesisir Banten.

Benteng yang terletak di sebelah utara Masjid Agung Banten, sebenarnya bekas benteng Kesultanan Banten. Namun, pada 1685 kesultanan diserbu oleh tentara penjajahan Belanda dan menguasai Banten. Benteng itu, kemudian direnovasi, di atas reruntuhan sisi sebelah utara tembok keliling Kota Banten yang dibuat pada tahun 1682 masa pemerintahan Sultan Banten Abu Nasr Abdul Qohhar (1672 – 1687), lengkap dengan ruangan-ruangan bawah tanah. Kemudian namanya diganti menjadi Speelwijk.

Baca Juga |  Mengenang Keindahan Jakarta di Sunda Kelapa

Di sekililing benteng terdapat makam orang-orang Eropa, terutama bangsawan Belanda yang tewas melawan laskar Banten. Lokasi benteng ini ada di kampung Pamarican, dekat Kesultanan Banten. Di sini pengunjung dapat melihat perpaduan arsitektur Kasultanan Banten dan Belanda.

Benteng Speelwijk terletak di desa Kasemen, Kecamatan Kasemen, Kabupaten Serang, Jawa Barat. Keadaan benteng kini telah rusak berat, sebagian besar tinggal pondasi.

Di dalam benteng ini dahulu terdapat rumah komandan, gereja, kamar senjata, kantor administrasi, toko-toko kompeni, dan kamar dagang. Sebagian tembok yang masih tampak utuh merupakan bastion (ruang pengintai) terletak di atas tembok sebelah utara dengan kondisi yang mengkhawatirkan.

Baca Juga |  Dinosaurus Spesies Baru Ditemukan di Meksiko

Lingkungan benteng di tepi Sungai Cibanten yang dulunya terdapat tempat penarikan bea/pajak masuk bagi kapal-kapal yang singgah di pelabuhan Banten. Sebelah timur benteng terdapat pula warisan budaya yang penting bagi perjalanan sejarah kota Banten berupa komplek makam orang-orang Eropa.

(Diolah dari berbagai sumber)

Share :