Cara Cek Penerima Bansos PKH dan Sembako: Mudah, Hanya via Link Ini

cara cek bansos
Laman situs cek Bansos Kemensos

**Batas Iklan**

PROGRES.ID – Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BLT BPNT) akan segera dicairkan pada bulan Oktober ini. Untuk mengecek apakah Anda atau orang yang Anda kenal termasuk dalam penerima bantuan sosial (bansos) ini, berikut adalah cara sederhana untuk melakukan pengecekan.

Penting untuk dicatat bahwa pencairan PKH pada bulan Oktober ini adalah tahap keempat dari pembagian bansos ini. PKH dibagikan dalam empat tahap sepanjang tahun.

Bacaan Lainnya

Tahap pertama (tahap 1) dibagikan dari Januari hingga Maret, tahap kedua (tahap 2) dan ketiga (tahap 3) pada bulan April-Juni dan Juli-Oktober. Sementara tahap keempat (tahap 4) akan berlangsung dari Oktober hingga Desember.

PKH adalah program yang dirancang untuk membantu masyarakat yang kurang mampu, dengan fokus pada kesejahteraan, pendidikan, dan kesehatan.

Dalam konteks kesehatan, PKH memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp3 juta per tahun kepada ibu hamil dan anak balita.

Sementara dalam bidang pendidikan, program ini memberikan bantuan sebesar Rp900 ribu per tahun untuk anak SD, Rp1,5 juta per tahun untuk anak SMP, dan Rp2 juta per tahun untuk anak SMA.

Untuk aspek kesejahteraan, keluarga dengan anggota yang berusia di bawah 60 tahun dan penyandang disabilitas akan menerima bantuan sebesar Rp2,4 juta per tahun.

Pada bulan Oktober, pemerintah juga akan mendistribusikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) berupa Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau bansos sembako.

Bantuan sembako ini disalurkan dalam bentuk tunai melalui Bank Himbara dan kantor pos dengan nilai sebesar Rp200 ribu per bulan atau Rp2,4 juta per tahun.

Berikut adalah cara untuk mengecek apakah Anda adalah salah satu penerima bansos:

  1. Buka laman resmi di https://cekbansos.kemensos.go.id/
  2. Isi informasi wilayah penerima manfaat, seperti Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Desa.
  3. Masukkan nama Anda sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  4. Ketik kode captcha yang ditampilkan di layar.
  5. Klik tombol ‘Cari Data’.
  6. Jika Anda termasuk dalam daftar Nama Penerima Manfaat atau penerima bansos, informasi Anda akan muncul di layar.

Dengan langkah-langkah sederhana ini, Anda dapat dengan mudah memeriksa apakah Anda atau seseorang yang Anda kenal memenuhi syarat untuk menerima bantuan sosial melalui program PKH dan BLT BPNT. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Pos terkait