Juarai Piala Dunia, Timnas Argentina Dapat Hadiah Uang Tunai $42 juta

Bintang Argentina Lionel Messi (tengah) mengangkat trofi Piala Dunia bersama rekan setimnya setelah mengalahkan Prancis dalam final Piala Dunia di Stadion Lusail, Qatar, Minggu (18/12). (Foto: Reuters via VOA Indonesia)

QATAR, PROGRES.ID –¬†Argentina menjadi juara Piala Dunia untuk ketiga kalinya setelah menang dalam pertandingan yang luar biasa pada hari Minggu (18/12/2022). Tim negara itu mengalahkan Prancis 4-2 dalam adu penalti setelah Lionel Messi mencetak dua gol dalam hasil imbang 3-3 yang menampilkan hat-trick untuk Kylian Mbappe. Tim Prancis bangkit dari ketertinggalan 2-0 setelah pertandingan berjalan 80 menit.

Argentina tampaknya akan meraih kemenangan dengan mudah setelah tendangan penalti Messi dan gol brilian Di Maria dalam babak pertama membuat mereka memegang kendali penuh. Tetapi, Mbappe mencetak gol penalti pada menit ke-80 dan melakukan tendangan voli untuk menyamakan kedudukan satu menit kemudian sehingga permainan diperpanjang.

Bacaan Lainnya

Messi membuat Argentina kembali unggul tetapi Mbappe segera menyamakan kedudukan, juga dengan penalti. Ia menjadi orang kedua yang mencetak hat-trick dalam final Piala Dunia setelah Geoff Hurst untuk Inggris pada 1966.

Pertandingan kemudian menjadi ajang adu penalti. Kiper Argentina Emiliano Martinez menyelamatkan penalti Kingsley Coman dan Aurelien Tchouameni melepaskan tembakan melebar untuk memberi Gonzalo Montiel kesempatan memenangkannya.

Messi dan tim akhirnya merebut trofi. Ini kemenangan ketiga bagi Argentina. Yang pertama pada 1978. Dewa sepak bola negara itu, Diego Maradona mempersembahkan kemenangan kedua pada 1986

Hadiah Uang Tunai Piala Dunia 2022

Argentina, sebagai juara Piala Dunia akan mendapat hadiah uang tunai $42 juta untuk federasi sepak bola mereka. Sedangkan Prancis sebagai tim yang kalah dalam final, Minggu, akan mendapat $30 juta. Uang didapat dari dana hadiah FIFA, $440 juta.

Ketika Prancis memenangkan Piala Dunia 2018, federasi negara itu mendapat $38 juta dari dana hadiah FIFA, $400 juta.

Tidak semua uang itu masuk kantong pemain, tetapi mereka diperkirakan mendapat bagian yang bagus. Pemain Prancis seperti Kylian Mbapp√© akan menerima bonus 554.000 euro atau lebih dari 9,1 miliar rupiah dari federasi tim negaranya kalau memenangkan final, menurut laporan surat kabar olahraga Prancis, L’Equipe. Tetapi tampaknya itu tidak akan terjadi karena Prancis kalah dari Argentina.

Setiap federasi sepak bola nasional mendapat setidaknya $9 juta hadiah uang untuk tampil dalam Piala Dunia tahun ini. Jumlah itu masih ditambah $1,5 juta untuk biaya persiapan ikut turnamen.

Pemenang ketiga, tim Kroasia, akan menerima hadiah uang $27 juta. Sedangkan Maroko, pemenang keempat, akan dibayar $25 juta.

Total pendapatan FIFA dalam empat tahun ini adalah $7,5 miliar. Dana itu sebagian besar dari penyiaran dan kesepakatan sponsor, ditambah penjualan tiket dan akomodasi. [ka/lt]

Logo VOA Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.