pubmatic.com, 157566 , DIRECT, 5d62403b186f2ace

Ini 6 Orang Asal India yang Jadi CEO Perusahaan Teknologi Amerika

ceo alphabet sundar pichai
Sundar Pichai (Istimewa)

PROGRES.ID – Imigran asal India di Amerika Serikat sangat besar. India saat ini bahkan sudah menjadi negara yang paling banyak “mengekspor” imigran ke AS, melampaui Meksiko.

Tulisan VOA menyebutkan, pada 2010, imigran Asia mulai melampaui jumlah imigran Hispanik. Jumlah yang datang dari Amerika Latin menurun tajam usai terjadi resesi ekonomi pada awal tahun 2008.

Pada 2017, 126 ribu orang datang dari India, setelah India, menyusul warga Meksiko dengan 124 ribu, imigran China sebanyak 121 ribu orang, dan Kuba 41 ribu orang. Bahkan, menurut  Pew Research Center. warga Asia diperkirakan akan menjadi kelompok imigran terbesar yang akan mendiami Amerika Serikat pada 2055, melampaui warga Hispanik.

Warga India di AS banyak bekerja dibidang teknologi. Mereka bekerja di perusahaan-perusahaan teknologi kelas dunia. Menariknya, saat ini sudah banyak warga asal India yang menmpati posisi-posisi strategis di perusahaan teknologi dunia yang berbasis di AS.

Baru-baru ini, Jack Dorsey mengumumkan pengunduran dirinya sebagai CEO Twitter. Melalui cuitannya, ia menyebut Parag Agrawal, pria asal India yang akan meneruskan kepemimpinan di Twitter. Keputusan Dorsey pun disambut baik banyak tokoh, termasuk pendiri Tesla, Elon Musk.

Sebelum Parag Agrawal, ada sejumlah warga keturunan India, ataupun imigran asal India yang saat ini menduduki jabatan CEO perusahaan teknologi di AS. Siapa saja?

  1. Sundar Pichai
    ceo alphabet sundar pichai
    Sundar Pichai (Istimewa)

    Sundar Pichai bernama asli Pichai Sundarajan. Ia adalah CEO Alphabet Inc (Induk perusahaan Google). Ia lahir pada 12 Juli 1972). Pichai tumbuh besar di India. Bahkan, ia mendapat gelar sarjananya dari Indian Institute of Technology Kharagpur. Kemudian gelar M.S. ia dapatkan dari Universitas Stanford, dan gelar MBA ia peroleh dari Wharton School, Universitas Pennsylvania.

    Menurut Wikipedia, Pichai bergabung dengan Google pada tahun 2004. Pichai mengawali kariernya di Google dengan menduduki jabatan sebagai pimpinan manajemen produk dan inovasi perangkat lunak klien Google, termasuk Google Chrome, Chrome OS, dan Google Drive. Ia juga bertanggungjawab atas pengembangan aplikasi seperti Gmail dan Google Maps. Pichai juga menjadi tokoh yang mengembangkan codec video VP8, dan memperkenalkan format video WebM. Selai itu, Ia juga menjadi direktur di Jive Software sejak April 2011. Pichai telah menikah dan memiliki seorang putri.

  2. Satya Nadella
    satya nadella
    Satya Nadella (Foto: CNBC-Getty Images)

    Nama lengkapnya, Satya Narayana Nadella. Ia adalah CEO Microsoft sejak 4 Februari 2014 menggantikan Steve Ballmer. Pria kelahiran Hyderabad, India pada 19 Agustus 1967 ini sebelumnya menjabat sebagai wakil presiden eksekutif Cloud and Enterprise Microsoft yang bertanggung jawab mengembangkan dan mengelola platform komputasi perusahaan, perkakas pengembang, dan layanan komputasi awan.

  3. Shantanu Narayen
    shantanu narayen
    Shantanu Narayen (Istimewa)

    Shantanu Narayen menjabat sebagai eksekutif Adobe Inc sejak Desember 2007. Ia adalah pria kelahiran Hyderabad, India pada 27 Mei 1963. Sebelum menjadi CEO Adobe, ia memang sudah bekerja di Adobe sejak 2005.

  4. Arvind Krishna
    Arvind krishna
    Arvind Khrisna (IBM)

    Arvind Krishna adalah orang asal India lainnya yang mejabat sebagai CEO perusahaan eknologi. Pria kelahiran West Godavari, Andhra Pradesh pada tahun 1962 ini menduduki jabatan sebagai CEO IBM sejak April 2020. Krishna memang sudah berkarir di IBM sejak tahun 1990.

  5. Nikesh Arora
    nikesh
    Nikesh Arora (InfoTechLead)

    Nikesh Arora adalah CEO Palo Alto Networks. Arora dulunya pernah menduduki jabatan eksekutif senior di Google. Ia juga pernah menjabat sebagai presiden SoftBank Group dari Oktober 2014 sampai Juni 2016.
    Pria kelahiran 9 Februari 1968 di Ghaziabad, India ini adalah lulusan Indian Institute of Technology (BHU).

  6. Parag Agrawal

    Dia adalah oang kita bahas di awal tulisan ini tadi. Parag Agrawal lahir di Ajmer, India pada 21 Mei 1984. Ia baru saja ditunjk sebagai CEO Twitter November 2021 lalu. Ia sebenarnya baru di Twitter, kurang lebih 6 tahun. Jack Dorsey menunjuk Parag Agrawal sebagai penggantinya.

Nah, selain 6 nama orang asal India di atas, ada sejumlah nama tokoh lainnya dari India yang menduduki jabatan tertinggi di perusahaan kelas dunia, namun di dunia perbankan dan dunia bisnis lainnya. Seperti Anshuman Jain, CEO Deuthce Bank, kemudian ada lagi Ajay Banga yang merupakan CEO MasterCard. Wow, keren ya orang-orang India.

 

Penulis: Mukhtar Amin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.