11 Tahun Mengabdi, Cesar Azpilicueta Tinggalkan Chelsea

Cesar Azpilicueta Tinggalkan Chelsea
Cesar Azpilicueta (Foto: Transfermarkt)

PROGRES.ID –¬†Perjalanan karier yang panjang dan gemilang Cesar Azpilicueta di Chelsea telah mencapai ujungnya. Pemain berbakat asal Spanyol itu dengan berat hati meninggalkan klub yang telah ia abdikan selama 11 musim.

Kini, Azpilicueta melanjutkan perjalanannya di tanah airnya sendiri, Spanyol. Ia secara resmi bergabung dengan Atletico Madrid, klub papan atas di Ibukota.

Bacaan Lainnya

Dalam momen perpisahannya, Azpilicueta mengucapkan kata-kata yang penuh haru. Rasa keberangkatannya sangat terasa pada saat ini.

“Dalam kata-kata sulit ini, saya merasa sangat terharu. Waktu yang saya habiskan di sini benar-benar luar biasa,” ujar Azpilicueta melalui video perpisahannya yang diunggah di situs resmi Chelsea.

“Saya merasa telah memberikan segalanya. Saya mencintainya,” lanjutnya dengan penuh perasaan.

Azpilicueta bergabung dengan Chelsea pada tahun 2012 setelah pindah dari tim Ligue 1, Olympique Marseille. Ia telah mencatat lebih dari 500 penampilan di berbagai kompetisi, dengan sumbangan 17 gol dan 56 assist.

Banyak gelar telah diraih oleh Azpilicueta untuk The Blues. Di antaranya adalah gelar Liga Champions, dua kali juara Premier League Inggris, dua trofi Liga Europa, Piala FA, Piala Liga, Piala Super UEFA, dan Piala Dunia Antarklub.

Namun, yang terutama diingat Azpilicueta sebagai momen terbaik dalam karier sepak bolanya adalah saat ia memenangkan Liga Champions bersama Chelsea.

“Jelas sekali momen terbaik dalam karier saya adalah saat kami meraih gelar Liga Champions di Porto. Itu adalah trofi pertama yang saya raih sebagai kapten,” tutur mantan pemain tim nasional Spanyol itu.

“Chelsea adalah rumah saya, akan selalu menjadi rumah saya, dan saya berharap suatu hari bisa kembali dengan peran yang berbeda,” tambahnya dengan harapan.

Todd Boehly, pemilik Chelsea yang berasal dari Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa Cesar Azpilicueta adalah legenda klub dan telah meninggalkan warisan yang tak terhapuskan di klub tersebut.

“Cesar meninggalkan warisan yang tak terhapuskan di Chelsea, sebagai pejuang, sebagai juara, dan sebagai legenda setia Chelsea,” ujar Todd Boehly dalam pernyataannya yang dikutip dari Antara.

“Ia telah menetapkan standar di klub selama lebih dari satu dekade dan menunjukkan kepada semua orang apa yang diperlukan untuk meraih kesuksesan,” lanjutnya dengan bangga.

Azpilicueta adalah pemain terbaru dari Chelsea yang meninggalkan Stamford Bridge dalam bursa transfer musim panas ini. Sebelumnya, Kalidou Koulibaly, N’Golo Kante, dan Edouard Mendy telah bergabung dengan klub Arab Saudi.

Kai Havertz, Mateo Kovacic, dan Mason Mount juga telah melanjutkan karier mereka masing-masing dengan bergabung dengan Arsenal, Manchester City, dan Manchester United.

Sementara itu, Chelsea telah mengamankan dua pemain baru, yakni Christopher Nkunku, Nicolas Jackson, dan juga pelatih baru, Mauricio Pochettino.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.