KAWS: Holiday, Karya Seni Brian Donnelly yang Dipamerkan di Prambanan

kaws holiday
Karya seni berjudul KAWS: Holiday dipamerkan di kawasan Candi Prambanan, Yogyakarta (Foto: Kompas.com)

YOGYAKARTA, PROGRES.ID –┬áSeniman Amerika Serikat, Brian Donnelly menghadirkan karya terbesarnya yang berjudul “KAWS: Holiday” di Yogyakarta, Indonesia, pada tanggal 19-31 Agustus 2023. Karya seni monumental ini memiliki tinggi 15 meter dan panjang 45 meter, dan dapat dinikmati oleh pengunjung mulai pukul 08.00 hingga 17.00.

“Saya merasa sangat terkesima karena pameran ini berlangsung di depan Candi Prambanan. Yogyakarta adalah tempat yang luar biasa,” kata Brian Donnelly saat mengadakan konferensi pers “KAWS: Holiday” di Yogyakarta pada Jumat (18/9/2023).

Bacaan Lainnya

Ini adalah perjalanan ke-10nya sejak tur dunia “KAWS: Holiday” pertama kali diadakan pada tahun 2018.

Brian Donnelly, yang dikenal dengan nama KAWS, telah mengunjungi berbagai tempat seperti Seoul, Taipei, Hong Kong, Tokyo, Bristol, Singapura, Gunung Chiangbai, Melbourne, dan bahkan hingga ke luar angkasa dengan karyanya. Kunjungan pertamanya ke Indonesia diwujudkan berkat kerjasama AllRightsReserved dengan dukungan dari AKG Entertainment.

Selain itu, Brian Donnelly juga memperkenalkan kembali karyanya yang berjudul “Accomplice,” yang pertama kali muncul sebagai figur vinil pada tahun 2002. “Saya merasa sangat terhormat, bahwa ‘KAWS: Holiday’ bisa dinikmati oleh publik dan menjadi bagian dari lanskap budaya yang dinamis di Indonesia,” ujarnya.

Tentu saja, kehadiran “KAWS: Holiday” di dekat Candi Prambanan memiliki arti yang mendalam. Candi Prambanan telah diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO sejak tahun 1991. Pameran ini memberikan peluang bagi para pengunjung untuk menikmati perpaduan antara arsitektur kuno dan seni kontemporer.

Brian Donnelly mengungkapkan, “Seni memiliki kekuatan untuk menyatukan orang dan menginspirasi koneksi bermakna. Saya merasa beruntung bisa memberikan kontribusi melalui karya saya.” Candi Prambanan, yang diperkirakan dibangun pada abad ke-9, merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia.

Menukil Kompas.id, Axton Salim, salah satu anggota Dewan Direksi AKG Entertainment, merasa senang bahwa Brian Donnelly memilih Indonesia sebagai tujuan terbarunya. Ia berharap bahwa kreasi seniman ini akan membawa keindahan Indonesia ke panggung internasional dan mendorong generasi muda untuk menghargai situs bersejarah.

SK Lam, pendiri AllRightsReserved, menyatakan bahwa “KAWS: Holiday” adalah upaya artistik yang menghibur dan memukau. Selain produktif dalam berkarya, KAWS dikenal karena sering berinteraksi dengan pengunjung di berbagai museum dan galeri tempat pamerannya diselenggarakan.

KAWS, yang telah mencicipi beberapa hidangan Indonesia dan sangat menyukainya, juga menciptakan mural, lukisan, dan desain grafis. Sementara itu, “Accomplice” akan tersedia secara eksklusif mulai tanggal 18 Agustus 2023. Koleksi ini dalam warna hitam dan merah muda akan dirilis dalam edisi khusus.

Sumber: Kompas.id

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.