Inilah Daftar 10 Gedung Tertinggi di Dunia tahun 2023

Burj Khalifah
Gedung tertinggi di dunia Burj Khalifah di Dubai, Uni Emirat Arab (Foto: Abdulwahab Alawadhi/Pexels.com)

PROGRES.ID – Pada tahun 2023, dunia akan terus menyaksikan perkembangan arsitektur dan teknologi yang semakin maju dan menghasilkan gedung-gedung yang semakin tinggi. Berikut ini adalah 10 gedung tertinggi di dunia pada tahun 2023.

  1. Burj Khalifa, Dubai
    Burj Khalifa merupakan gedung tertinggi di dunia pada tahun 2023 dengan ketinggian mencapai 828 meter. Gedung yang terletak di pusat kota Dubai, Uni Emirat Arab ini memiliki 163 lantai dan dirancang oleh arsitek asal Chicago, Adrian Smith.
  2. Shanghai Tower, Shanghai
    Dengan ketinggian 632 meter, Shanghai Tower di Shanghai, Tiongkok adalah gedung tertinggi kedua di dunia pada tahun 2023. Gedung ini memiliki 128 lantai dan menawarkan pemandangan yang spektakuler dari kota Shanghai.
  3. Abraj Al Bait Clock Tower, Mekah
    Abraj Al Bait Clock Tower terletak di kota suci Mekah, Arab Saudi dan menjadi landmark penting di kota ini. Gedung ini memiliki ketinggian 601 meter dan memiliki 120 lantai.
  4. Ping An Finance Center, Shenzhen
    Ping An Finance Center berada di Shenzhen, Tiongkok dan memiliki ketinggian 599 meter dengan 115 lantai. Gedung ini menjadi ikon baru di kota Shenzhen yang semakin berkembang.
  5. Lotte World Tower, Seoul
    Lotte World Tower di Seoul, Korea Selatan memiliki ketinggian 555 meter dan 123 lantai. Gedung ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dari kota Seoul dan memiliki fasilitas yang lengkap seperti pusat perbelanjaan, hotel, dan observatorium.
  6. One World Trade Center, New York City
    One World Trade Center di New York City, Amerika Serikat memiliki ketinggian 541 meter dan merupakan gedung tertinggi di Amerika Utara. Gedung ini dibangun sebagai pengganti World Trade Center yang hancur pada peristiwa 11 September 2001.
  7. Guangzhou CTF Finance Centre, Guangzhou
    Guangzhou CTF Finance Centre di Guangzhou, Tiongkok memiliki ketinggian 530 meter dan merupakan salah satu gedung tertinggi di Tiongkok. Gedung ini memiliki 111 lantai dan dirancang oleh arsitek asal Amerika, Kohn Pedersen Fox.
  8. Tianjin CTF Finance Centre, Tianjin
    Tianjin CTF Finance Centre di Tianjin, Tiongkok memiliki ketinggian 530 meter dan merupakan saudara kembar Guangzhou CTF Finance Centre. Gedung ini memiliki 98 lantai dan menjadi ikon baru di kota Tianjin.
  9. CITIC Tower, Beijing
    CITIC Tower di Beijing, Tiongkok memiliki ketinggian 528 meter dan menjadi gedung tertinggi di Beijing. Gedung ini memiliki 108 lantai dan menawarkan pemandangan yang spektakuler dari kota Beijing.
  10. TAIPEI 101, Taipei
    TAIPEI 101 di Taipei, Taiwan memiliki ketinggian 508 meter dan pernah menjadi gedung tertinggi di dunia dari tahun 2004 hingga 2010. Gedung ini memiliki 101 lantai dan merupakan simbol penting bagi kota Taipei.

Itulah daftar 10 gedung pencakar langit di dunia. Burj Khalifah masih memegang rekor dan belum tertandingi, setidaknya tahun 2023 ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.