Apa Itu Amonia yang Sempat Viral Dihirup Pemain Uzbekistan U23?

pertandingan indonesia vs uzbekistan u23
Foto: The-AFC.com

PROGRES.ID –┬áMedia Vietnam mengungkap alat bantu pernapasan yang digunakan oleh staf medis Timnas Uzbekistan saat bertanding melawan Timnas Indonesia dalam Piala Asia U-23.

Pertandingan yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa pada Senin (29/4/2024) berakhir dengan kekalahan 0-2 bagi Timnas Indonesia dari Uzbekistan.

Bacaan Lainnya

Gol-gol dari Khusayin Norchaev dan gol bunuh diri oleh Pratama Arhan membawa kemenangan bagi tim yang dilatih oleh Timur Kapadze.

Di babak pertama, Nathan Tjoe-A-On mendapat kartu kuning setelah melakukan pelanggaran terhadap Ulugbek Khoshimov. Khoshimov yang terluka mendapat perawatan cepat dari tim medis Uzbekistan dan menggunakan alat inhaler yang menarik perhatian media Vietnam, Soha.

Setelah beberapa kali menggunakan inhaler, Khoshimov kembali fit dan mampu memberikan ancaman serius bagi pertahanan Timnas Indonesia dengan tembakan dari jarak jauh.

Sebelumnya, media Rusia telah melaporkan tentang manfaat menghirup amonia untuk meningkatkan konsentrasi dan aliran oksigen dalam waktu singkat sebelum pertandingan, yang mirip dengan metode yang diterapkan oleh Timnas Rusia saat Piala Dunia 2018.

Lalu, apa itu amonia?

Menukil laman Vinmec.com, Ammonia adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Prancis, juga dikenal sebagai amonia, ini adalah senyawa anorganik dengan rumus molekul NH3 dan terdiri secara kimia dari atom nitrogen dan 3 atom hidrogen.

Ammonia diciptakan dari lingkungan alami melalui dekomposisi tumbuhan dan bangkai hewan dan dapat diciptakan melalui metabolisme tubuh manusia. Oleh karena itu, urin sering memiliki aroma khas NH3.

Zat ini digunakan untuk membuat pupuk kimia untuk tanaman, dalam proses pemurnian udara, di industri minyak dan gas. Selain itu, NH3 dapat terlarut sebagian dalam air tergantung pada tingkat pH, melalui itu, seseorang dapat menggunakan penentuan indeks TAN (Total Nitrogen Amonia) untuk memilih lingkungan akuakultur yang sesuai.

Penggunaan Ammonia Inhalants

Ammonia Inhalants adalah bentuk obat yang mengandung 15% Amonia dan disiapkan dalam bentuk inhalasi dengan konsentrasi 0,045g/3mL.

Ammonia Inhalants atau amonia inhaler digunakan dalam pencegahan dan pengobatan pingsan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.