Mengenal The Fed: Apa Itu The Fed, Sejarah, Fungsi hingga Dampak Kebijakan

kantor the fed
Gedung The Fed (Infobanknews.com)

PROGRES.ID –┬áPada Rabu (26/7/2023), Federal Reserve atau The Fed, bank sentral Amerika Serikat, siap untuk melakukan langkah besar dengan menaikkan suku bunga acuan ke level tertinggi dalam 22 tahun terakhir. Diperkirakan, The Federal Open Market Committee (FOMC) akan mengambil keputusan menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin ke kisaran 5,25 persen – 5,5 persen.

Kenaikan ini akan menjadi yang kesebelas dalam kurun waktu 16 bulan terakhir. Meskipun langkah ini rutin bagi The Fed, keputusan mereka sering kali membuat pelaku ekonomi dunia merasa cemas dan gelisah.

Bacaan Lainnya

Peran The Fed

The Fed atau Federal Reserve System (FRS) berperan sebagai bank sentral Amerika Serikat, bertanggung jawab atas kontrol produksi dan distribusi uang serta kredit dalam negara tersebut. Tugas utamanya mencakup perumusan kebijakan moneter dan regulasi bank anggota guna menyediakan sistem moneter dan keuangan yang aman, fleksibel, dan stabil. Terdiri dari 12 Bank Federal Reserve regional, setiap bank bertanggung jawab atas wilayah geografis tertentu di AS, termasuk Komite Pasar Terbuka Federal (Federal Open Market Committee) yang memiliki peran penting dalam mengelola pasokan uang negara.

Sejarah Berdirinya The Fed

The Fed didirikan berdasarkan Undang-Undang Federal Reserve atau Federal Reserve Act, yang ditandatangani oleh Presiden AS Woodrow Wilson pada 23 Desember 1913. Penciptaan The Fed dipicu oleh krisis keuangan tahun 1907 yang menyebabkan gangguan ekonomi serius karena kegagalan bank dan kebangkrutan bisnis di AS saat itu.

Tugas The Fed

Tugas The Fed dapat dikelompokkan ke dalam empat area utama, yakni:

  1. Menjalankan kebijakan moneter nasional untuk mencapai lapangan kerja maksimal, harga yang stabil, dan suku bunga jangka panjang yang moderat;
  2. Mengawasi dan mengatur lembaga perbankan untuk keamanan sistem perbankan dan keuangan AS serta melindungi hak-hak kredit konsumen;
  3. Menjaga stabilitas sistem keuangan dan mengendalikan risiko sistemik;
  4. Menyediakan jasa keuangan yang mencakup operasional sistem pembayaran nasional, lembaga penyimpanan, pemerintah AS, dan lembaga resmi asing.

Dampak Kebijakan The Fed

Sebagai bank sentral terkuat di dunia, keputusan-keputusan The Fed memiliki dampak yang luar biasa pada pasar global. Tindakan mereka, seperti penurunan suku bunga selama pandemi Covid-19, memberikan manfaat bagi pelaku usaha global. Namun, ketika kondisi ekonomi membaik, dan The Fed mulai menaikkan suku bunga, dampaknya terasa di seluruh belahan dunia terkait dengan nilai mata uang dolar AS, surat utang AS atau US Treasury Bond, komoditas global, dan perdagangan dunia secara keseluruhan.

Tujuan Kebijakan The Fed

Tujuan kebijakan moneter Federal Reserve adalah mencapai harga yang stabil dan membuka lapangan kerja berkelanjutan maksimal. The Fed memiliki target tingkat inflasi implisit sebesar 2 persen per tahun. Untuk mencapai tujuan ini, The Fed sering menggunakan alat pelonggaran kuantitatif atau quantitative easing (QE) untuk merangsang ekonomi selama masa resesi dan krisis finansial.

Suku Bunga The Fed

Suku bunga The Fed, juga dikenal sebagai Fed Fund Rate (FFR), menjadi patokan utama untuk suku bunga lainnya dalam perekonomian AS. Ketika suku bunga The Fed naik, bank harus membayar lebih mahal untuk meminjam uang, dan akibatnya suku bunga pinjaman dan kredit konsumen juga akan meningkat. Sebaliknya, penurunan suku bunga The Fed akan memudahkan akses bank untuk meminjam uang, yang kemudian diharapkan akan mendorong aktivitas ekonomi.

Sebagai pelaku utama dalam ekonomi global, The Fed dan keputusan-keputusannya memiliki konsekuensi signifikan bagi stabilitas keuangan dan pertumbuhan ekonomi dunia. Oleh karena itu, para pelaku ekonomi dunia sering merasa cemas dan gelisah menghadapi langkah-langkah yang diambil oleh The Fed, terutama dalam situasi ekonomi yang menantang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.