Home / Pemerintahan / Regional

Rabu, 13 April 2016 - 07:43 WIB

Baru 76 Desa Serahkan SPPD Pencairan ADD dan DD

Nasabah menukarkan uang kertas rupiah pecahan lama ke pecahan baru tahun emisi 2016 di Kantor Perwakilan/ Foto: Republika

Nasabah menukarkan uang kertas rupiah pecahan lama ke pecahan baru tahun emisi 2016 di Kantor Perwakilan/ Foto: Republika

SELUMA, PROGRES.ID – Dari 182 Pemerintah Desa di Kabupaten Seluma yang menjadi penerima Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD), baru 76 Pemdes saja yang telah mengusulkan Surat Perintah Pencairan Dana (SPPD) ke Dinas PPKAD. Data ini berdasarkan yang tercatat di DPPKAD Seluma pada Selasa (12/4/2016).

Pelaksana Tugas Kepala DPPKAD Seluma, Deddy Ramdhani menjelaskan bahwa ada dua kecamatan yang Pemdes-nya telah meyampaikan berkas 100 Persen.

“Hingga hari ini (Selasa, 12/4/2016) ada dua kecamatan yang tuntas 100 Persen, yaitu Kecamatan Seluma Barat dan Ilir Talo. Pemdes di kecamatan lain masih 0 Persen, seperti di Kecamatan Sukaraja, Seluma Utara, Ulu Talo dan Semidang Alas Maras,” terangnya.

Ia menjelaskan, pada realisasi pencairan  DD tahap I ini akan dicairkan 60 Persen atau sekitar Rp 65 Miliar.

“Yang akan kita cairkan ini adalah dana tahap I. Ada perubahan yang diinstruksikan langsung pemerintah pusat. Jika tahun sebelumnya dalam setahun 3 kali pencairan, mulai tahun ini 2 kali pencairan. Tahap I akan dicairkan 60 Persen atau sekitar Rp 65 Miliar, selebihnya sekitar Rp 40 Miliar lagiakan dicairkan sekitar September atau Oktober,” bebernya.

Untuk  ADD tetap sesuai mekanisme awal, yakni 3 tahap pencairan dalam setahun. Tahap I akan dicairkan 40 persen, tahap II 40 persen dan tahap ketiga 20 persen.

“Kami minta Pemdes bisa proaktif menyampaikan usulan pencairan, karena semakin cepat semakin bagus. Pemdes juga bisa merealisasikan dengan cepat, dengan begitu penyerapan bisa maksimal,” jelasnya.

Ia meminta Pemdes dapat bertanya ke SKPD terkait soal administrasi pencarian ADD dan DD jika dirasa masih membingungkan.

“Tanyakan saja ke SKPD yang bersangkutan, misalnya BPMPD, karena administrasi ini penting agar pencairan DD dan ADD lancar.Yang terpenting adalah SPj (Surat Pertanggungjawaban) APBDes tahun sebelumnya yang merupakan syarat penting,” imbuhnya.

Pada pencairan ADD dan DD tahap I untuk 182 desa ini, total ADD yang akan dikucurkan mencapai Rp 20. 879.441.640 sementara untuk DD mencapai Rp 65.814.543.000. Dana tersebut diharapkan mampu mendongkrak pembangunan di setiap desa di Kabupaten Seluma.(gn)

Share :

Baca Juga

Berita Utama

Mendes PDTT Bagi-Bagi Sertifikat Tanah di Bengkulu Utara

Pemerintahan

Lapas Curup Kurang Personel

Pemerintahan

Dinsos: Jika Ada Warga Dipasung Laporkan

Pemerintahan

Honor Naik Jadi Rp 2 Juta, Kades Kecewa
Bencoolen Coffee AVPA

Pemerintahan

Bencoolen Coffee Raih 3 Penghargaan, Gubernur Rohidin Disebut Berjasa
PPN dan PPDN Kemendag

Pemerintahan

Kemendag Ingin UKM Indonesia Bangun Jaringan Pemasaran

Peristiwa

Teruskan Tradisi Baik Sejak 1960-an, Istiqlal Buka Lahan Parkir Bagi Jemaat Katedral
Tommy Soeharto

Pemerintahan

Berencana Bangun Gedung 80 Lantai, Tommy Soeharto Gandeng KG Global Development
error: Konten ini dirpoteksi !!