Business Matching dan Coffee Show, Upaya Memajukan Produk Lokal

Foto bersama acara Bussiness Matching & Coffee Show (Foto: Media Center Pemprov Bengkulu)

BENGKULU, PROGRES.ID –┬áPemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) mengadakan Business Matching dan Coffee Show di Balai Raya Semarak Bengkulu pada Sabtu (18/11/2023).

Acara ini dibuka oleh Asisten II Setda Provinsi Bengkulu, RA Denni, dan dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kadis Perindag Provinsi Bengkulu, Ketua Persatuan Bengkulu-Malaysia, Ketua Forum Pembaruan Kebangsaan Provinsi Riau, Ketua Kadin, serta 30 UKM Gernas BBI dan BBWI Provinsi Bengkulu, eksportir, pimpinan ritel, dan pelaku usaha kopi Bengkulu.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah yang dibacakan RA Denni, menyebutkan tujuan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang bertujuan untuk memajukan produk lokal Indonesia dan meningkatkan kepercayaan diri terhadap potensi serta kualitas produk dalam negeri.

Gubernur juga menekankan pentingnya mendukung pengusaha lokal dan industri manufaktur untuk menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Masih dalam sambutan tersebut, Gubernur Rohidin mengingatkan tentang pentingnya membeli produk dalam negeri, khususnya dari industri kecil menengah (IKM) atau usaha mikro kecil menengah (UMKM), sebagai langkah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dalam negeri. Meskipun jumlah produk dalam negeri di e-katalog telah meningkat, masih banyak belanja barang dan jasa menggunakan produk impor, yang dianggap sebagai ancaman bagi industri dalam negeri.

Dalam upaya mendekatkan UMKM dengan pelaku usaha yang membutuhkan produknya, kegiatan Business Matching dan Coffee Show diikuti oleh 30 UMKM Provinsi Bengkulu yang telah tergabung dalam Gernas BBI tahun 2023. Gubernur mengungkapkan harapannya agar dengan pertumbuhan dan perkembangan UMKM, selain menyediakan lapangan kerja, juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang terlibat.

Asisten II Setprov Bengkulu R.A Denni menyampaikan sambutan (Foto: Media Center)

Gubernur Rohidin menegaskan bahwa Business Matching dan Coffee Show merupakan bagian kecil dari proses panjang membangun ekonomi daerah yang tangguh dan mandiri. Dia mengajak pelaku usaha, industri besar, dan para profesional di bidang manajemen, perdagangan, dan pemasaran untuk bersama-sama mendukung produk dalam negeri. Dengan demikian, diharapkan Bengkulu dapat menjadi lebih maju dan mampu bersaing di tingkat domestik maupun global.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.