Ditanyakan Gibran ke Mahfud, Apa itu Greenflation?

gibran rakabumin raka
Gibran Rakabumin Raka saat tampil pada debat cawapres 2024 (Foto: BeritaSatu.com)

JAKARTA, PROGRES.ID –¬†Gibran Rakabuming Raka, calon wakil presiden nomor urut 2, mengajukan pertanyaan tentang “inflasi hijau” atau yang dikenal sebagai greenflation kepada calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud MD, dalam sesi tanya jawab debat cawapres di Jakarta pada Minggu (21/1/2024).

Gibran menanyakan kepada Mahfud, “Bagaimana cara mengatasi greenflation?”

Bacaan Lainnya

Apa itu greenflation?

Menurut Kamus Cambridge, Greenflation merujuk pada “kenaikan harga akibat peralihan ke ekonomi hijau.” Dalam konteks ini, kenaikan harga terjadi sebagai dampak dari transisi menuju ekonomi yang lebih ramah lingkungan.

Gernot Warner, seorang Ekonom Iklim dari Columbia Business School, mengutip pernyataan Direktur Eksekutif Bank Sentral Eropa Isabel Schnabel dalam The New York Times, yang menjelaskan bahwa greenflation mencakup kenaikan harga dan krisis tenaga kerja yang terkait dengan transisi ke mode hidup yang lebih berkelanjutan.

Kenaikan harga terjadi karena perusahaan harus mengeluarkan anggaran tambahan untuk beralih ke energi ramah lingkungan, di mana biaya penggunaan energi hijau masih dianggap lebih mahal dibandingkan dengan energi fosil saat ini.

Untuk diketahui, debat calon wakil presiden ini merupakan bagian dari rangkaian debat kandidat Pilpres 2024 yang diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Debat keempat ini, yang berlangsung di Jakarta Convention Center, menyoroti tema pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.