Film Concrete Utopia Jadi Perwakilan Korea untuk Oscar 2024

Concrete Utopia
Dewan Perfilman Korea tunjuk Concrete Utopia untuk Piala Oscar 2024

PROGRES.ID –  Dewan Perfilman Korea (KOFIC) telah secara resmi menunjuk film “Concrete Utopia” sebagai perwakilan Korea dalam persaingan untuk Oscar 2024. Film ini akan berkompetisi untuk mendapatkan nominasi dalam kategori Best International Feature di Academy Awards ke-96.

Seperti yang dilaporkan oleh kantor berita Yonhap pada hari Jumat (18/8/2023), para anggota Dewan Perfilman Korea dengan tekun mempertimbangkan alasan di balik pemilihan film yang menampilkan bintang-bintang ternama seperti Lee Byung-hun, Park Seo-joon, dan Park Bo-young sebagai perwakilan Korea di panggung internasional.

Bacaan Lainnya

Komite tersebut dengan tegas menyatakan, “Film ini menghadirkan cerita orang-orang biasa yang berjuang untuk bertahan hidup di dalam apartemen, yang menjadi simbol dan representasi kekayaan di Korea.”

“Menggambarkan kompleksitas dari kehidupan di dalam Apartemen Hwang Goong yang berpenghasilan rendah, ‘Concrete Utopia’ menggambarkan berbagai aspirasi karakter dengan sangat baik,” ungkap komite tersebut, sebagaimana dilaporkan oleh Sports Chosun melalui Naver.

Tidak hanya itu, para anggota komite juga tidak ketinggalan untuk memuji peran Lee Byung-hun, yang menjelma menjadi pemeran utama dalam film yang disutradarai oleh Eom Tae-hwa ini. Mereka juga menyinggung tema kelas sosial, yang sebelumnya diangkat oleh film “Parasite,” yang berhasil memenangkan Oscar pada tahun 2020.

“Pada masa resesi global dan bencana alam yang melanda berbagai penjuru dunia, ‘Concrete Utopia’ menggambarkan kehidupan orang-orang biasa yang berjuang, tanpa menjadi pahlawan,” ungkap komite dengan tegas.

“Dalam ceritanya, film ini juga menyentuh tema kelas sosial, hal yang sebelumnya telah berhasil dibahas oleh ‘Parasite’, pemenang Oscar,” mereka menegaskan dengan penuh keyakinan.

Sinopsis Concrete Utopia

“Concrete Utopia” merupakan adaptasi film dari kisah webtun populer berjudul “Joyful Outcast” (Pleasant Neighbors). Film dengan genre thriller bencana ini mengisahkan peristiwa yang dialami oleh sekelompok orang setelah terjadi gempa dahsyat.

Para selamat berkumpul di Apartemen Hwang Goong, satu-satunya bangunan yang masih berdiri setelah kota Seoul dilanda gempa. Dalam film ini, Lee Byung-hun akan memerankan Young-tak, pemimpin sementara para penghuni Apartemen Hwang Goong.

Young-tak memiliki karakter yang penuh keberanian dan ketegasan. Ia bertekad untuk melindungi Apartemen Hwang Goong dari ancaman luar, tanpa menghiraukan risiko yang dihadapi.

Sementara itu, Park Seo-joon akan memerankan karakter Min-sung, seorang pegawai negeri yang tekun bekerja dan suami yang setia. Min-sung menarik perhatian Young-tak dan dipercayakan untuk membantu mengatasi krisis pasca gempa.

Di sisi lain, Park Bo-young berperan sebagai Myung-hwa, istri Min-sung. Ia merupakan seorang mantan perawat yang tetap tenang di tengah situasi tegang. Dengan keahliannya dan pengalaman merawat orang yang terluka akibat gempa, Myung-hwa memberikan kontribusi berharga dalam keadaan darurat.

“Concrete Utopia” telah sukses meraih lebih dari 2,2 juta penonton sejak dirilis pada tanggal 9 Agustus di Korea Selatan. Rencananya, film ini akan tayang di Indonesia pada tanggal 23 Agustus.

Sementara itu, acara Oscar mendatang dijadwalkan akan digelar di Dolby Theatre, Los Angeles pada tanggal 10 Maret 2024. Dengan penunjukan ini, “Concrete Utopia” berpotensi untuk membawa harum nama Korea di panggung internasional Oscar tahun depan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.