100 Kades di Provinsi Bengkulu Dapat Beasiswa Kuliah Jenjang S1

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah memberikan beasiswa S1 bagi 100 Kades di Provinsi Bengkulu (Foto: MCPB)

BENGKULU, PROGRES.ID –¬†Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, mengumumkan pemberian beasiswa Strata 1 (S1) kepada 100 Kepala Desa dan Perangkat Desa di seluruh Kabupaten se-Provinsi Bengkulu. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Kepala Desa dan perangkatnya dalam rangka mewujudkan tata kelola desa yang lebih baik.

Pengumuman ini disampaikan oleh Gubernur Rohidin saat memberikan arahan pada acara Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa P3PD Tahun 2023, yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri dan Dinas PMD Provinsi Bengkulu pada tanggal 21 September 2023.

Bacaan Lainnya

“Kita programkan pertama tahun ini sudah 100 orang, bekerja sama dengan UT, bentuk kerja samanya itu untuk pembelajaran masa lampau, jadi Kepala Desa itu dihargai kemampuan dia memimpin, kemampuan mengelola keuangan itu sebagai mata kuliah, sehingga kuliahnya itu tidak 4 tahun bisa lebih singkat, anggaran sudah ada, tahun ini mulai berjalan,” jelas Gubernur Rohidin.

Program beasiswa ini akan berkolaborasi dengan Universitas Terbuka (UT) dan akan dimulai pada tahun 2023 hingga 2026 mendatang. Pendaftaran peserta dapat dilakukan melalui Dinas PMD Provinsi Bengkulu dan akan melalui seleksi bersama UT hingga nantinya ditetapkan sebagai penerima Beasiswa Gubernur Bengkulu.

“Pendaftaran di Dinas PMD, nanti Dinas PMD akan berkoordinasi dengan UT selaku Universitas yang kita lakukan kerja sama, baru diseleksi lulus berapa orang yang akan di-SK-kan oleh Gubernur untuk mendapatkan studi,” tutur Rohidin.

Selain memberikan beasiswa, Gubernur Rohidin juga memberikan pesan kepada Kepala Desa dan perangkatnya untuk mengidentifikasi potensi serta keunggulan dari Desa yang mereka pimpin. Hal ini mencakup potensi Sumber Daya Alam, prospek Pariwisata, serta peluang di bidang wirausaha seperti produk olahan.

“Harus dikenali betul potensi desa itu, jadi keunggulan desa itu dari sumber daya alam, potensi apa yang dimiliki, atau jika tidak memiliki potensi SDA yang menonjol, coba kembangkan kreativitas apa yang bisa dibuat di desa itu. Misalnya jenis produk makanan olahan, yang bisa dikerjakan di desa sehingga bisa menjadi komoditas unggulan,” pesan Gubernur Rohidin.

Sebagai penutup, Gubernur Rohidin mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini dan menyebutnya sebagai kegiatan yang sangat positif. Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa P3PD Tahun 2023 diselenggarakan selama 4 hari dan diikuti oleh 56 Desa dari 4 Kabupaten di Provinsi Bengkulu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.