Mengenal Kota Semarang: Sebuah Jejak Sejarah dan 7 Fakta Menarik

kota semarang
Pemandangan Kota Semarang, Jawa Tengah pada malam hari (Foto: Dok. Pemkot Semarang)

PROGRES.ID –┬áKota Semarang, ibu kota Provinsi Jawa Tengah, adalah salah satu kota penting di Indonesia dengan sejarah dan budaya yang kaya. Terletak di pantai utara Pulau Jawa, kota ini telah menyaksikan perkembangan pesat dari zaman kolonial hingga menjadi pusat perdagangan dan industri. Mari kita telusuri beberapa fakta menarik tentang Kota Semarang yang menunjukkan pesona dan keunikan kota ini.

1. Sejarah yang Kaya
Kota Semarang memiliki sejarah yang panjang dan berasal dari zaman kerajaan Mataram Kuno pada abad ke-9. Pada abad ke-16, kota ini menjadi pelabuhan penting bagi pedagang asing seperti Tiongkok, Arab, dan Belanda. Kemudian, pada masa kolonial Belanda, Semarang menjadi pusat pemerintahan dan perdagangan di Jawa Tengah. Jejak sejarahnya masih terlihat dari bangunan-bangunan tua peninggalan Belanda yang tersebar di berbagai wilayah kota.

Bacaan Lainnya

2. Kota Kreatif UNESCO
Pada tahun 2020, Semarang diakui sebagai salah satu dari 66 Kota Kreatif dari seluruh dunia oleh UNESCO. Pengakuan ini diberikan karena upaya kota ini dalam mengembangkan sektor kreatif dan budaya. Kota Semarang memiliki beragam komunitas seni dan budaya yang aktif, termasuk seniman, perancang, dan pengrajin, yang berkontribusi pada kekayaan budaya kota ini.

3. Kota Laut

pelabuhan tanjung emas
Pelabuhan Tanjung Emas Semarang (Foto: Kelurahan Tanjung Mas)

Kota Semarang memiliki ikatan erat dengan laut. Pelabuhan Tanjung Emas adalah salah satu pelabuhan penting di Indonesia dan menjadi pintu gerbang bagi ekspor dan impor di Jawa Tengah. Selain itu, kawasan Kota Lama yang terletak di sepanjang pelabuhan memiliki arsitektur khas zaman kolonial Belanda yang menarik, dengan bangunan-bangunan tua berwarna-warni yang menjadi daya tarik bagi wisatawan.

4. Kota Srigunting
Semarang sering disebut sebagai “Kota Srigunting” karena bentuk wilayahnya yang menyerupai srigunting, yaitu burung kecil dengan paruh bengkok yang merupakan lambang kota ini. Semarang memiliki ikon khas berupa patung Srigunting yang terletak di simpang lima, sebuah lingkungan kota yang menjadi pusat perbelanjaan dan aktivitas masyarakat.

5. Masakan Khas Semarang
Kota ini juga terkenal dengan masakan khasnya, seperti Lumpia Semarang, makanan berbentuk kulit lumpia yang diisi dengan sayuran dan daging cincang yang lezat. Selain itu, ada juga Wingko Babat, kue tradisional yang terbuat dari kelapa dan ketan, serta Bandeng Presto, ikan bandeng yang diolah dengan cara presto sehingga duri ikan menjadi lunak dan mudah dikonsumsi.

6. Kawasan Wisata dan Kuliner
Semarang menawarkan berbagai tempat wisata menarik seperti Lawang Sewu, bangunan bersejarah dengan arsitektur khas Eropa, dan Bukit Sikunir, sebuah bukit dengan pemandangan indah kota Semarang dari ketinggian. Selain itu, kawasan wisata kuliner di Simpang Lima dan sekitarnya menawarkan berbagai makanan dan jajanan khas Semarang yang lezat dan menggugah selera.

7. Transportasi Tradisional
Kota Semarang memiliki bentuk wilayah yang cukup unik, dengan banyak sungai dan kanal yang melintasi kota. Oleh karena itu, ada banyak perahu tradisional yang berfungsi sebagai sarana transportasi untuk warga kota. Perahu ini dikenal dengan sebutan “Getek” dan menjadi cara tradisional untuk berkeliling di kawasan pesisir dan kanal.

Kota Semarang adalah sebuah kota yang memiliki pesona dan daya tariknya sendiri. Dengan sejarah yang kaya, budaya yang beragam, dan kuliner yang lezat, kota ini menawarkan pengalaman yang unik bagi para pengunjung. Terus berkembang dan semakin maju, Semarang tetap mempertahankan kearifan lokal dan nilai-nilai budayanya, menjadikannya kota yang istimewa di tengah-tengah gemerlap modernitas zaman sekarang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.