Inflasi Tertahan pada 3,08 Persen, Provinsi Bengkulu Masuk Kategori TPID Provinsi Terbaik 2022

Presiden pada Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Tahun 2023, di Istana Negara Jakarta, Kamis (31/08/2023)/setkab.go.id

JAKARTA,PROGRES.IDPresiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), mengungkapkan penghargaannya terhadap Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP), Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), serta berbagai instansi terkait lainnya yang berhasil mempertahankan tingkat inflasi sebesar 3,08 persen pada bulan Juli 2023.

Pernyataan ini disampaikan oleh Presiden dalam acara Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) mengenai Pengendalian Inflasi Tahun 2023, yang berlangsung di Istana Negara, Jakarta, pada hari Kamis tanggal 31 Agustus 2023.

Bacaan Lainnya

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada tim pengendali inflasi, baik pusat dan daerah, kepada gubernur, bupati, dan wali kota yang sudah bersama-sama dengan kita semuanya dalam rangka mengendalikan inflasi,” ujar Presiden lewat siaran pers resmi kepresidenan, dalam acara Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) mengenai Pengendalian Inflasi Tahun 2023, yang berlangsung di Istana Negara, Jakarta, pada hari Kamis tanggal 31 Agustus 2023.

Angka inflasi ini ternyata lebih rendah jika dibandingkan dengan sejumlah negara lain, seperti Argentina yang mencapai 113 persen, Turki 47 persen, India 7,4 persen, Uni Eropa 5,3 persen, dan Amerika Serikat 3,2 persen. Keberhasilan dalam mengendalikan inflasi tersebut, menurut Presiden, tidak lepas dari sinergi antara lembaga moneter, kebijakan fiskal, serta kerja keras dari tim pengendalian inflasi yang melakukan evaluasi langsung di lapangan.

“Mengendalikan inflasi dengan kenaikan suku bunga, kalau pasokannya tidak baik, stok tidak memiliki, ya pasti harga akan naik. Dikendalikan dengan moneter, dengan kenaikan suku bunga, tapi distribusi barangnya terganggu karena jalannya rusak semuanya, enggak ada artinya. Jadi ini kombinasi antara kebijakan moneter, fiskal, dan juga pengecekan di lapangan secara langsung,” papar Presiden.

Pada Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2023 dengan tema “Memperkuat Sinergi dan Inovasi untuk Stabilisasi Harga Menuju Ketahanan Pangan Nasional yang Berkelanjutan,” juga diumumkan daftar penerima TPID Award 2022.

Berikut adalah daftar penerima TPID Award 2022:

Kategori TPID Kabupaten/Kota Berprestasi 2022:

Wilayah Sumatra: Kabupaten Tanah Datar
Wilayah Jawa-Bali: Kabupaten Tasikmalaya
Wilayah Kalimantan: Kabupaten Landak
Wilayah Sulawesi: Kabupaten Minahasa
Wilayah Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua: Kabupaten Sabu Raijua

Kategori TPID Kabupaten/Kota Terbaik 2022:

Wilayah Sumatra: Kota Palembang
Wilayah Jawa-Bali: Kabupaten Banyuwangi
Wilayah Kalimantan: Kota Tarakan
Wilayah Sulawesi: Kabupaten Bone
Wilayah Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua: Kota Kupang

Kategori TPID Provinsi Terbaik 2022:

Wilayah Sumatra: Provinsi Bengkulu
Wilayah Jawa-Bali: Provinsi DKI Jakarta
Wilayah Kalimantan: Provinsi Kalimantan Selatan
Wilayah Sulawesi: Provinsi Sulawesi Selatan
Wilayah Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua: Nusa Tenggara Timur

Dengan berbagai upaya kolaboratif dan kesinambungan dalam pengendalian inflasi, Indonesia diharapkan dapat terus mengembangkan ekonomi yang stabil, berkelanjutan, dan mampu memberikan manfaat kepada seluruh lapisan masyarakat. Sinergi antara berbagai pihak, termasuk TPIP, TPID, pemerintah daerah, serta lembaga terkait lainnya, akan terus menjadi faktor kunci dalam mewujudkan tujuan ini.(koe)

 

sumber; setkab.go.id

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.