Contoh Portofolio UKIN PPG 2023, Jangan Salah!

PPG Kemdikbudristek
PPG Kemdikbud Ristek

KEPAHIANG.PROGRES.ID – Peserta Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dapat menggunakan contoh portofolio UKIN PPG 2023 sebagai referensi dalam mengikuti Uji Kinerja (UKIN). UKIN ini merupakan bagian dari Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Guru (UKMPPG).

UKMPPG merupakan ujian akhir dalam pelaksanaan PPG untuk mengukur kemampuan peserta secara keseluruhan, terdiri atas dua jenis ujian, yaitu UKIN dan ujian tertulis. UKIN sendiri adalah uji kompetensi untuk menilai kemampuan peserta dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran, yang terdiri dari uji praktik pembelajaran dan uji portofolio.

Bacaan Lainnya

Portofolio UKIN PPG berisi deskripsi dan kumpulan bukti fisik yang menunjukkan bahwa peserta telah menjalankan tugas profesinya sebagai guru dan memberikan kontribusi selama menjadi mahasiswa PPG. Berikut contoh portofolio UKIN PPG 2023:

Apa Itu Portofolio UKIN PPG?

Portofolio UKIN PPG merupakan kumpulan bukti fisik yang menunjukkan bahwa mahasiswa PPG telah melakukan penelitian, refleksi diri, pencarian informasi baru, dan inovasi selama menjadi mahasiswa PPG. Portofolio ini dideskripsikan dalam bentuk narasi yang disertai dengan melampirkan bukti, dibatasi oleh karya yang dikumpulkan dalam interval waktu tertentu.

Bagi mahasiswa PPG Dalam Jabatan (Daljab), portofolio UKIN yang dikumpulkan merupakan karya selama 3 tahun terakhir sebelum PPG. Sementara untuk mahasiswa PPG Prajabatan, portofolio berupa karya selama 1 tahun terakhir ditambah karya selama menjadi mahasiswa PPG.

menjaga kesehatan mata
Portofolio UKIN adalah kewajiban bagi peserta PPG agar lulus PPG (Ilustrasi: Dok. Progres.id)

Mengutip laman PPG Universitas Pendidikan Ganesha, terdapat enam komponen penting dalam portofolio UKIN PPG, yaitu melaksanakan penelitian, melakukan refleksi diri, mencari informasi baru, menghasilkan karya inovasi, prestasi, dan pengabdian masyarakat.

1. Kegiatan Penelitian dan Publikasi Ilmiah

Bukti kegiatan penelitian dan publikasi ilmiah dapat berupa laporan penelitian, artikel yang dipublikasikan, jurnal nasional atau internasional, dan/atau karya ilmiah populer yang diterbitkan di majalah atau koran atau screenshot artikel Anda di media daring (online) yang sudah terverifikasi faktual Dewan Pers.

2. Kegiatan Refleksi Diri

Komponen refleksi diri berisi deskripsi tentang proses perbaikan kinerja profesional secara terus-menerus yang dilakukan oleh mahasiswa PPG. Perbaikan kinerja profesional tersebut mencakup pengembangan diri, penelitian, pengembangan karya inovasi, serta pelaksanaan tugas guru secara umum.

3. Pencarian Informasi dan Pengetahuan Baru

Komponen pencarian informasi dan pengetahuan baru dibuktikan dengan mengikuti kegiatan untuk meningkatkan kompetensi diri, seperti pendidikan dan latihan, lokakarya, seminar/konferensi, dan kegiatan lain yang mendukung peningkatan kualitas diri.

4. Karya Inovasi Baru

Komponen menghasilkan karya inovasi baru adalah upaya mahasiswa PPG untuk menunjukkan adanya pengembangan profesi dengan menghasilkan karya yang sesuai dengan profesinya, dilengkapi dengan pakta integritas yang ditandatangani mahasiswa di atas materai.

5. Prestasi

Komponen prestasi melibatkan kejuaraan yang didapatkan oleh mahasiswa setelah mengikuti berbagai kompetisi, seperti sebagai guru berprestasi atau kompetensi lain di bidang pendidikan. Kegiatan ini dibuktikan dengan kepemilikan sertifikat prestasi yang diraih selama sebelum mengikuti PPG, baik di tingkat kota/kabupaten, provinsi, nasional, atau internasional.

6. Pengabdian Masyarakat

Komponen pengabdian masyarakat melibatkan bukti-bukti kegiatan dalam rangka melakukan pengabdian sebagai warga sekolah atau masyarakat, dibuktikan dengan sertifikat, surat keputusan/surat tugas, atau surat keterangan dari lembaga penyelenggara kegiatan pengabdian.

Silakan pindai (scan), SK-SK yang pernah melibatkan Anda di kegiatan sekolah. Bisa SK Anda sebagai panitia penerimaan siswa baru, kegiatan seminar atau kegiatan lainnya.

Contoh Portofolio UKIN PPG 2023

Borang portofolio UKIN PPG 2023 tersedia melalui laman ukmppg.kemdikbud.go.id yang dapat diakses oleh peserta. Borang ini terdiri atas beberapa komponen yang harus diisi dengan narasi deskripsi diri, serta tersedia juga kolom untuk mengunggah buktinya.

Contoh portofolio UKIN PPG 2023 dapat dilihat dan dijadikan referensi dalam mengisi portofolio, dengan memuat informasi mengenai kegiatan penelitian dan publikasi ilmiah, refleksi diri, pencarian informasi baru, karya inovasi baru, prestasi, dan pengabdian masyarakat.

Dengan melibatkan keenam komponen tersebut, mahasiswa PPG dapat menyelesaikan portofolio uji kinerja dengan lengkap. Proses ini menjadi penentuan keberhasilan serangkaian proses PPG yang dilaksanakan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

1 Komentar