Akhirnya Pasar Purwodadi Kabupaten Bengkulu Utara Segera Dibangun, Presiden Jokowi: Ditargetkan Selesai Tahun 2024

istimewa

PROGRES.ID- Pada Jumat, tanggal 21 Juli 2023, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Iriana Jokowi mengunjungi Pasar Purwodadi, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu. Kunjungan ini dilakukan oleh Kepala Negara untuk meninjau secara langsung rancangan revitalisasi pasar setelah mengalami kebakaran pada April 2021 lalu.

Presiden Jokowi menyatakan bahwa saat ini rencana revitalisasi pasar masih berada dalam tahap lelang. Beliau memproyeksikan bahwa revitalisasi Pasar Purwodadi dapat selesai pada awal tahun 2024 mendatang.

Bacaan Lainnya

“Dalam proses lelang, lelang selesai langsung dimulai, perkiraan selesai awal tahun depan Pasar Purwodadi di Kabupaten Bengkulu Utara,” ujar Presiden (21/7/2023).

Untuk mencapai target tersebut, Presiden berharap proses revitalisasi Pasar Purwodadi dapat segera dimulai dalam waktu dekat. Beliau memproyeksikan bahwa proses revitalisasi Pasar Purwodadi dapat dimulai pada akhir Agustus atau awal September mendatang.

“Perkiraan saya paling lambat mungkin kalau tidak akhir Agustus atau mungkin awal September sudah dimulai,” ungkapnya.

Selama kunjungan tersebut, Presiden Jokowi juga memberikan bantuan tunai dan sembako kepada para pedagang di Pasar Purwodadi. Sementara itu, Ibu Iriana membagikan bingkisan tas berwarna merah muda kepada ibu-ibu dan anak-anak yang berada di pasar tersebut.

Tahun 2021 Bupati Mian Temui Gubernur Bengkulu Bahas Usulan Revitalisasi Pasar Purwodadi

Pada Rabu (8/9/2021) lalu, Bupati Bengkulu Utara Mian beserta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menemui Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah di Balai Raya Semarak,

Pertemuan membahas terkait sinergi dan kolaborasi khususnya usulan revitalisasi pasar Purwodadi pasca kejadian kebakaran hingga infrastruktur jalan.

Saai itu, menurut Gubernur Rohidin, revitalisasi pasar Purwodadi akan dilakukan secara bersama, antar kementerian lembaga terkait. Hal ini mengingat, anggaran yang tersedia di Kementerian Perdagangan sangat terbatas.

“Revitalisasi pasar purwodadi anggarannya dari Kementerian Perdagangan sangat terbatas sekali, sementara tingkat kerusakannya sangat parah, untuk itu kita menginisiasi agar Kementerian PUPR dapat menganggarkan juga,” kata Rohidin usai pertemuan bersama Bupati Bengkulu Utara, di Balai Raya Semarak, Rabu (8/9/2021).

Selain itu yang menjadi pokok bahasan adalah infrastruktur jalan. Ada dua poros utama jalan provinsi di Bengkulu Utara yang tingkat kerusakannya cukup parah, yang akan menjadi konsen untuk segera mendapatkan penanganan. Diantaranya jalan dari Lingkar Tugu Polwan ke Argamakmur, termasuk daerah Lais.

Akhirnya setelah di kunjungi Presiden Jokowi Pasar Purwodadi segera dilakukan revitalisasi. Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam peninjauan ini adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, serta Bupati Bengkulu Utara Mian.

Dengan kunjungan ini, harapan masyarakat Pasar Purwodadi akan segera terwujudnya revitalisasi pasar menjadi lebih modern dan fungsional semakin mendekati kenyataan. Semoga rencana ini dapat terealisasi dengan baik sehingga pasar dapat kembali berfungsi sebagai pusat perdagangan yang ramai dan memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat setempat.(arm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.